Friday, 21 September 2018

Tiga Bulan, BPJS Ketenagakerjaan Sudah 4,6 Juta Peserta

Kamis, 15 Oktober 2015 — 16:43 WIB
*ist

*ist

TANGERANG (Pos Kota) – Baru tiga bulan diluncurkan, peserta Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan sudah 4,6 juta. Peminat membludak,program ini jadi semacam pengganti gaji bulanan saat pekerja sudah pensiun.

“Program ini banyak diminati peserta, karena mempunyai manfaat pasti, yaitu sebagai pengganti gaji bulanan saat pekerja sudah pensiun. Jaminan pensiun akan diberikan secara berkala perbulan seumur hidup pekerja dan dapat diwariskan pada isteri atau anak,” jelas Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Elvyn G Masassya.

Program Jaminan Pensiun, lanjutnya, wajib diikuti oleh pekerja formal di perusahaan skala besar dan menengah.

Punya Dana Liquid

Pada kesempatan itu, Elvyn menegaskan badan yang dipimpinnya masih memiliki dana yang liquit (cair), meskipun belakangan ini terjadi penarikan JHT (jaminan hari tua) cukup besar dari peserta.

“Peserta jangan khawatir dana JHT aman, karena per September ini, dari Rp 24 triliun iuran yang diterima, baru Rp10 triliun yang dibayarkan untuk klaim iuran,” ujar Elvyn yang didampingi sejumlah direksi dan Kakanwil BPJS Ketenagakerjaan Banten.

Dia berharap, dengan diresmikannya kantor Tangerang Cikokol ini, akan semakin mendorong peningkatan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat pekerja.

Perusahaan Harus Peserta

Walikota Tangerang H. Arief R Wismansyah yang meresmikan kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tangerang Cikokol menyatakan siap membantu menyosialisasikan program BPJS Ketenagakerjaan pada pengusaha diwilayahnya.

“Kita akan dukung BPJS Ketenagakerjaan melalui pelayanan satu atap. Perusahaan yang akan mengurus perizinan harus menunjukkan persyaratan sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” tegas Arief.

Provinsi Banten saat ini memiliki lebih kurang 1100 perusahaan yang bergerak di bidang perindustrian, belum termasuk usaha di bidang perdagangan, perbankan, perhotelan serta home industry. Dengan jumlah total pekerja di wilayah Banten mencapai 922.981 tenaga kerja

program Jaminan Pensiun, wajib diikuti oleh pekerja formal di perusahaan skala besar dan menengah.

2319 Perusahaan Peserta

Di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tangerang Cikokol, ada 2319 perusahaan peserta dengan 246.159 tenaga kerja PU (Penerima Upah). Sementara pekerja BPU (Bukan Penerima Upah) juga terdata sebanyak 6327 orang terdaftar aktif sebagai peserta BPU dimana 607 orang diantaranya terdaftar dalam 3 program, yaitu Jaminan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian.

“Hingga September ini pembayaran jaminan yang telah dilakukan hingga bulan September 2015, tercatat sebesar Rp. 166,8 Milar untuk Jaminan Hari Tua, Rp. 13,96 Miliar untuk Jaminan Kecelakaan Kerja dan Rp. 3,6 Miliar untuk Jaminan Kematian,” jelas Kepala Cabang Tangerang Cikokol Irwan Ibrahim .(Tri/win)

Teks: Dirut BPJS Ketenagakerjaan Elvyn G Masassya dengan Walikota Tangerang H. Arief R. Wismansyah