Tuesday, 20 November 2018

Usai Santap Nasi Kotak 50 Orang Keracunan

Sabtu, 17 Oktober 2015 — 20:51 WIB

BOGOR (Pos Kota) –  Sedikitnya 50 warga Kampung Wangunjaya RT. 01/ 06, Desa Ciaruten Ilir, Kecamatan Cibungbulang dilarikan ke Puskesmas  Ciampea setelah keracunan nasi kotak, Sabtu (17/10/2015) . Hingga kini masih Sembilan orang  yang menjalani perawatan di puskesmas setempat

Kepala Puskesmas Ciampea dr Kuncohyo mengatakan, sebelumnya Jumat malam, puluhan warga Kampung Wangunjaya keracunnan setelah menyantap nasi kotak pemberian seorang warga yang menggelar hajatan. “Mereka yang keracunan mengeluhkan kepala pusing, mual-mual, dan selalu buang air besar,” ujarnya.

Pihaknya lalu memberikan tindakan medis kepada korban keracunan berupa  cairan infusan serta diberikan obat untuk mentralisir bakteri negatif yang disebabkan racun pada makanan tersebut. “Kini, para korban kondisinya sudah berangsur-angsur membaik. Bahkan, sampai Sabtu malam hanya sembilan dari 50 warga yang kercunan diperbolehkan pulang,” terangnya.

Menurutnya, keracunan tersebut bermula  warga menghadiri acara selamatan di salah satu rumah tetangga mereka. Ketika pulang mereka diberi nasi kotak yang berisi ayam, kentang sambel goreng, sambal dan sayuran. “Usai menyantap nasi kotak itu mereka mengeluhkan mual-mual, mencret-mencret dan pusing,” ujarnya.

Kini,  pihaknya bersama  Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor  masih mendata dan mengumpukan ssia makanan nasi kotak tersebut. “Sampel sisa makanan ini akan kami periksa di laboratoriun untuk mengetahui penyebabnya,” ujaranya. (iwan/yh)