Friday, 21 September 2018

Menpar: Gandeng Swasta, Target 10 Juta Wisman Tercapai

Selasa, 20 Oktober 2015 — 11:20 WIB

JAKARTA (Pos Kota)- Kementerian Pariwisata targetkan hingga akhir 2015 jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia mencapai 10 juta orang. Untuk mencapai target tersebut Kemenpar menggandeng pihak swasta dan masyarakat.

“Kami optimis target 10 juta jumlah wisatawan bisa tercapai,” ujar Menteri Pariwisata, Arief Yahya, di sela kegiatan Future Millionaire Team Retreat- Herbalife International yang dihadiri lebih dari 2.000 anggota se-Asia Pasifik di Bali, kemarin.

Menurut Arief, sektor pariwisata bisa menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi nasional di saat terjadi perlambatan perekonomian global. Karena itu pertumbuhannya harus dioptimalkan melalui peran swasta.

Dari target 10 juta kunjungan wisman, hingga Agustus, jumlah wisman yang berkunjung ke Indonesia sudah mencapai 6,3 juta. Jumlah tersebut meningkat 2,71 persen jika dibandingkan pada 2014 pada periode yang sama.

Selain menggandeng pihak swasta, Kemenpar lanjut Arief adalah memberikan bebas visa kunjungan singkat untuk 90 negara.

“Sektor pariwisata menjadi penyumbang devisa terbesar kelima sebesar Rp140 triliun. Kami menargetkan sektor pariwisata akan menyumbang devisa sebesar Rp240 triliun pada 2019,” jelas Arief.

Swasta Bantu Pariwisata

Sementara itu, Manajer Umum Herbalife Indonesia, Andam Dewi, mengungkapkan banyak cara yang dilakukan swasta mendukung pariwisata Indonesia.

“Perusahaan swasta dapat berpartisipasi dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan internasional di Tanah Air. Seperti yang kami lakukan, selain acara pelatihan kepemimpinan, kami juga berharap seluruh anggota dapat meraih pengalaman menarik di Bali,” jelas Andam.

Kerja sama pemerintah dan swasta dalam mengembangkan sektor pariwisata sangat penting. Andam berharap bisa melakukan kegiatan serupa pada masa yang akan datang. (Inung/win)