Friday, 16 November 2018

Prof Siti Zuhro: Arah Pemerintahan Jokowi Belum Jelas

Kamis, 22 Oktober 2015 — 10:57 WIB

JAKARTA – Pengamta politik dari LIPI Prof (riset) Siti Zuhro menyatakan, setahun Jokowi-JK arahnya belum jelas. Penegakan hukum dan pemberantasan korupsi dinilainya gagal dalam 100 hari, dan sampai saat ini terjadi ketidakpastian.

“Jadi, negara belum hadir dalam memberikan rasa aman untuk rakyat, kebakaran hutan dibiarkan dengan hanya menunggu hujan, seolah-olah negara ini diombang-ambingkan oleh mafia hutan,” katanya, dalam diskusi di DPD RI, kemarin.

Khusus otonomi daerah kata Siti Zuhro, dari 183 daerah otonomi terbukti 140-an daerah masih tertinggal atau gagal, dan kasus pelanggaran HAM atas nama apapun, apalagi agama jangan sampai direkayasa politik.

“Jadi, wajar kalau setahun pemerintahan ini rakyat sudah mulai meminta pertanggungjawaban kepada Jokowi sebagai Presiden RI,” katanya.

Rakyat menuntut, bBahwa pemerintah harus melakukan perbaikan-perbaikan sekaligus membangun kepercayaan (trust building), sehingga tidak terjadi ketidakpercayaan (distrust) yang bisa membuat rakyat tidak mempunyai harapan kepada pemerintah. (winoto)