Thursday, 15 November 2018

Antisipasi Musim Hujan, PLN Bangun Kabel Khusus

Jumat, 23 Oktober 2015 — 7:30 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Mengantisipasi datangnya musim hujan di penghujung tahun, PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang, membangun saluran kabel khusus yang menghubungkan PLTU Muara Karang ke pompa waduk Pluit.

“Kabel khusus 20 kV sepanjang 14,07 Km ini guna penguatan pasokan listrik di pompa air waduk Pluit,” kata Manajer AP PLN Bandengan, Rasyid Naja, kepada wartawan.

Ada tiga gardu listrik khusus di waduk Pluit masing berkapasitas 4000 kV, 2000 kV dan 5540 kV.

Dengan dibangun jaringan saluran kabel dan gardu khusus yang pasokannya berasal dari gardu induk Muara Karang diharapkan tidak ada gangguan kinerja pompa air di waduk Pluit.

Ketiga gardu khusus di waduk Pluit ini, lanjutnya, untuk menyuplai tenaga listrik untuk sembilan pompa air yang berfungsi memompa air dari waduk menuju laut.

“Saat ini pengerjaan sambungan khusus ke tiga gardu khusus itu sudah hampir selesai. Direncanakan pada awal November 2015 sudah bisa digunakan,” terangnya.

Selain membangun jaringan kabel khusus, PLN juga membangun meninggikan tiga gardu khusus tersebut dua meter lebih tinggi untuk mengantisipasi jika terjadi banjir besar di sekitar waduk.

“Dengan meninggikan bangunan gardu, mesin penyuplai listrik di gardu tidak akan terendam. Sehingga pasokan listrik ke pompa air akan tetap aman,” ucapnya.

(setiawan/sir)