Wednesday, 21 November 2018

Pelindo 4 Terus Berbenah Sehingga Pantas dapat Penghargaan

Sabtu, 24 Oktober 2015 — 7:31 WIB
Dirut Pelindo 4 Doso Agung menerima penghargaan Golden Tropy Best Of The Best BUMN dari Info Bank katagori pelabuhan terbaik. (dwi)

Dirut Pelindo 4 Doso Agung menerima penghargaan Golden Tropy Best Of The Best BUMN dari Info Bank katagori pelabuhan terbaik. (dwi)

JAKARTA (Pos Kota)- Pelindo 4 membawahi 24 pelabuhan. Luasnya mencapai 48 persen dari seluruh wilayah Indonesia.Kinerjana dinilai baik sehingga mendapat keuntungan, efesien dan terus alami kemajuan.

Atas keberhasilan itu,  Dirut PT Pelindo IV (Persero) Doso Agung  menerima “Golden Trophy Infobank BUMN Awards 2015, kategori Best of The Best Sektor BUMN Pelabuhan” dari Info Bank Jakarta, Jumat (23/10).

Penghargaan ini merupakan yang kelima kali berturut-turut setiap tahunnya sebagai pelabuhan yang dianggap berhasil dalam melakukan pemberian pelayanan terhadap pengguna jasa, peningkatan laba yang dibarengi dengan efisiensi serta tata kelola perusahaan yang baik.

Dia mengatakan BUMN yang dipimpinnya mendapat tugas dari pemerintah sebagai bagian dari jangkar untuk infrastruktur maritim khususnya Indonesia bagian timur pihaknya tengah melakukan pengembangan pelabuhan.

Untuk itu, Pelindo IV tidak bisa melakukan sendiri sehingga dibutuhkan sinergi dengan Pemda Provinsi/kabupaten kota, investor, asosiasi, maupun perusahaan swasta serta masyarakat Indonesia Timur lainnya.

Saat ini, ungkap Doso Agung,  Pelindo 4 membutuhkan investasi sekitar Rp20 triliun hingga 2018 untuk mengembangkan infrastruktur dan fasilitas layanan di wilayah operasional perusahaan itu.

Investasi terbesar akan dialokasikan untuk pembiayaan pengembangan proyek Makassar New Port (MNP) dengan tahap pertama sebesar Rp1,8 triliun berupa pembangunan dermaga sepanjang 320 meter yang diproyeksikan seluruhnya rampung pata 2018.

Investasi untuk pengembangan kapasitas dan kualitas layanan pelabuhan dibutuhkan agar dapat disejajarkan dengan pelabuhan besar lainnya di Indonesia seperti Pelabuhan Tanjung Priok, Tanjung Perak maupun Pelabuhan Semarang.

Untuk memenuhi kebutuhan investasi tersebut Doso mengatakan akan dibiayai dari internal perusahaan dan mengkombinasikannya dengan sumber dana dari pinjaman perbankan dan obligasi.

“Pada minggu lalu Pelindo IV sudah menandatangani perjanjian kredit investasi sebesar Rp3 triliun dari PT Bank Mandiri Tbk,” ujar Doso.

Saat ini Pelindo VI mengelola  24 pelabuhan meliputi pelabuhan Makassar, Bitung, Kendari, Gorontalo, Sorong, Biak, Papua, Merauke, Jayapura, Nunukan, Samarinda, Samarinda, Balikpapan, Pantoloan, Ambon dimana kesemuanya akan dilakukan pengembangan teruma yang mendesak untuk Pelabuhan Sorong dan Ambon. (dwi)

  • yuken

    Pelindo IV dapat penghargaan terus diatas tanahnya orang. Selesaikan dulu tanah adat itu karna ahli warisnya NYATA !