Sunday, 18 November 2018

Meski Pengadaan Pompa Tersendat

Pemprov DKI Klaim Siap Hadapi Banjir

Minggu, 25 Oktober 2015 — 7:03 WIB
Jika musim hujan Jakarta rwan banjir

Jika musim hujan Jakarta rwan banjir

JAKARTA (Pos Kota) – Kendati sejumlah pompa air berusia cukup tua, namun Pemprov DKI Jakarta memastikan pompa yang masih bisa difungsikan untuk mengendalikan banjir.

“Tidak masalah. Masih bisa difungsikan untuk membantu mengendalikan banjir,”kata Tri DJoko Margianto, Kepala Dinas Tata Air DKI Jakarta, kemarin.

Dari sekitar ratusan  pompa air, beberapa dia antaranya berusia cukup tua sekitar 25 tahun. Namun masih bisa berfungsi.

Tri Djoko mengatakan pemprov siap bila banjir kembali melanda Jakarta. Tapi dampaknya diperkirakan tidak terlalu besar. Sebab, seluruh saluran air yang selama ini mampet sudah dikeruk. Begitu juga bantaran Kali Ciliwung yang sudah dilebarkan.

Berkaca dari itu, dirinya yakin banjir sudah bisa dikendalikan.

Sebelumnya disebutkan, kegiatan pengadaan pompa di seluruh wilayah DKI Jakarta mengalami gagal lelang. Hal itu dikarenakan, para rekanan (vendor)  yang sudah mendaftarkan diri ikut lelang, tak kunjung mengajukan surat penawaran harga (SPH). Tanpa ada SPH dari peserta lelang, maka proses lelang pun tak dapat dilakukan.

Kepala Dinas Tata Air DKI Jakarta, Tri Djoko Margianto membenarkan adanya proyek kegiatan pengadaan pompa di rumah pompa mengalami gagal lelang. Karena hingga menjelang akhir Oktober ini, belum ada vendor yang mengajukan SPH.

“Ya itu benar. Banyak proyek kegiatan pengadaan pompa yang dilakukan dinas dan suku dinas tata air terancam batal dilakukan. Karena hingga saat ini, belum ada vendor yang mengajukan penawaran harga,” kata Tri, Jumat (23/10).

Tri mengaku belum mengetahui datanya secara detail. Pihaknya  masih mengumpulkan data-data pompa yang gagal lelang dari suku dinas tata air yang ada di lima wilayah.(John)