Saturday, 22 July 2017

Kecelakaan Tabrak Karang

Posal Koarmabar Amankan Kapal Ikan China

Senin, 26 Oktober 2015 — 14:54 WIB
Posal Tambelan salah satu Posal jajaran Koarmabar mengamankan   Kapal Ikan China yang mengalami kecelakaan laut akibat menabrak karang di Pulau Mundaga, sebelah barat Pulau Tambelan, Kepulauan Riau, baru-baru ini.

Posal Tambelan salah satu Posal jajaran Koarmabar mengamankan Kapal Ikan China yang mengalami kecelakaan laut akibat menabrak karang di Pulau Mundaga, sebelah barat Pulau Tambelan, Kepulauan Riau, baru-baru ini.

JAKARTA (Pos Kota) – Pos Angkatan Laut (Posal) Tambelan, salah satu Posal jajaran Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) mengamankan Kapal Ikan China yang mengalami kecelakaan laut akibat menabrak karang di Pulau Mundaga, sebelah barat Pulau Tambelan, Kepulauan Riau.

Kapal dengan nama CM 64029 A berbendera China tersebut dinakhodai Yang Aui, serta 6 orang ABK warga negara China yang tidak dilengkapi passport.

Posal Tambelan yang merupakan Pos Angkatan Laut terdekat dari tempat kejadian perkara menerima laporan dari nelayan yang melihat sebuah kapal kandas di perairan Mundaga. Setelah dicek ke lokasi, diketahui bahwa kondisi kapal telah mengalami kebocoran di bagian haluan.

Selanjutnya Posal Tambelan dibantu Koramil dan warga nelayan setempat berusaha membebaskan kapal tersebut dengan cara menarik dengan perahu namun tidak berhasil.

Sementara itu dua orang ABK dibawa ke Posal Tambelan untuk dimintai keterangan sekaligus melaporkan kondisi kapal ke Lanal Tarempa. Sedangkan Nakhoda beserta 3 orang ABK lainnya tinggal di kapal untuk menguras air dan mengawasi kondisi kapal. Namun dalam perkembangannya, air laut tidak dapat dicegah dan masuk ke kamar mesin sehingga kapal China tersebut tidak dapat diselamatkan.

Mengetahui hal tersebut, anggota Posal segera mengevakuasi ABK, barang-barang berharga, dokumen penting yang ada dan mengamankan muatan kapal berupa 40 ton solar yang berada di dalam palka. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi tumpahan minyak di perairan Pulau Tambelan.
(dispenarmabar/syamsir)