Wednesday, 19 September 2018

KIBAR Garap Gotong Royong Rakyat Desa dan Pesisir

Rabu, 28 Oktober 2015 — 17:12 WIB
Deklarasi KIBAR di Balai Rakyat  Ketua Umum KIBAR Ir H.Muhammad Rikwanto bersama Wiranto (rizal)

Deklarasi KIBAR di Balai Rakyat Ketua Umum KIBAR Ir H.Muhammad Rikwanto bersama Wiranto (rizal)

JAKARTA (Pos Kota) – Semangat  gotong royong  kini mulai pudar, sehingga perlu ditumbuhkembangakan  kembali kepada  rakyat Indonesia. Untuk itulah  Koalisi Bersama Rakyat (KIBAR) dideklarasikan hari ini, di Balai Rakyat Rawamangun, Rabu (28/10)

“Kita kembalikan budaya gotong royong sudah mulai hilang di tengah masyarakat. Berangkat dari permasalahan itulah kemudian didirikan LSM Koalisi Bersama Rakyat. Tujuannya untuk mencari dan memeberikan solusi atas berbagai permasalahan bangsa,” kata  Ketua Umum Kibar Ir H Muhammad Rikwanto,  dalam pidato nya di Balai Rakyat Rawamangun, Rabu (28/10).

KIBAR  adalah koalisi bersama rakyat, lanjut Rikwanto,  maka   harus dekat bersama pemerintah. Jika pemerintah dan rakyat dekat, maka bangsa ini akan kuat.

KIBAR, kata Rikwanto, dibentuk dengan visi membangkitkan pertumbuhan ekonomi kerakyatan dan pembangunan pedesaan  dan pesisir dalam bingkai gotong royong sebagai budaya bangsa.

Miliki Peluang Besar

Sektor pertanian pedesaan dan pesisir, dijadikan fokus KIBAR lantaran wilayah tersebut memiliki peluang besar jika digarap dengan sungguh-sungguh, dengan dorongan tehnologi serta kelembagaan.

“Dengan adanya dana khusus yang diberikan untuk desa, kita dukung penuh pemerintah, sesuai misi gerakan ekonomi kerakyatan dan pembangunan pedesaan/pesisir dalam bingkai gotong royong sebagai budaya bangsa,” papar Rikwanto.

Sementara itu ketua dewan pembina Kibar, Wiranto menjelaskan bahwa KIBAR diharap dapat menjadi semangat juang serta pelopor dalam perannya membangun Indonesia.

Kibar kata dia, diharapkan dapat memperkuat daerah pesisir diberbahai bidang. “Jaga kerukunan nasional serta junjung tinggi dalam kerangka negara kesatuan,” tutur Wiranto.

Mantan Panglima TNI ini, menampik kalau dibentuknya LSM Kibar merupakan organisasi sebagai sayap dari partai Hanura. “Bukan, Kibar  multi partai, multi etnis dan satu bangsa,”  kata Ketum Hanura ini. (rizal/win)