Thursday, 22 February 2018

Kucing Rumah Punya Kepribadian Sama dengan Singa Afrika

Minggu, 1 November 2015 — 16:16 WIB
Kucing Rumah Australia

KUCING rumah dan singa Afrika ternyata berbagi 3 karakteristik kepribadian utama, yaitu neurotisisme/cemas, dominasi dan impulsif – namun para peneliti mengatakan teman hidup berkaki empat Anda ini tidak akan mungkin memangsa Anda.

Peneliti di Universitas Edinburgh berkolaborasi dengan Kebun Binatang Bronx berusaha membandingkan perilaku kucing rumahan dengan species sejenis yang lebih besar dan kerabatnya dialam liar.

Kajian yang di diterbitkan di Journal Perbandingan Psikologi Agustus tahun lalu ini, membandingkan struktur kepribadian kucing peliharaan dengan kucing liar di Scotlandia, leopard abu-abu dan Singa Afrika.

Riset ini mendapati kalau ternyata masing-masing spesies ini memiliki tiga faktor kepribadian utama, yang oleh peneliti disebut struktur kepribadian kelima spesies tersebut sama persis, yaitu sifat neurotisisme atau rasa tidak aman/tenang, mendominasi dan impulsif.

Singa Afrika

Pada kucing dan singa Afrika, menurut penelitian ini berbagi karakteristik kepribadian yang sama.

Meskipun kucing rumah bisa dikatakan sebagai miniaturnya singa, namun salah seorang peneliti, Marieke Gartner berhasil memastikan seberapa jauh kesamaan ini berlaku, termasuk peluang kepribadian singa memangsa manusia menurun pada kucing.

Menurut Gartner kepada CNET, perilaku semacam itu terpaut sangat jauh alias sangat kecil kemungkinannya berlaku juga pada kucing peliharaan.

“Kucing tidak akan memangsa Anda,’ katanya memastikan.
“Tapi orang sering kali tidak tahu bagaimana memperlakukan mereka dan kemudian terkejut dengan perilaku mereka,”

Meski hewan berbulu ini sebagai satu spesies yang sama berbagi sejumlah kesamaan, namun menurut Dr Gartner kucing rumah akhirnya tinggal bersama dengan manusia karena situasi yang saling menguntungkan.

Ia juga mengatakan semua kucing rumah berbeda.

“Kucing memiliki kepribadian berbeda… sebagian kucing ada yang independen, sebagian ada yang manjam jadi tergantung pada masing-masing individu kucing tersebut,” katanya.

“jadi kucing itu bukannya mementingkan diri sendiri, tapi mereka pada dasarnya adalah spesies binatang yang hidup menyendiri atau solitaire dan semi-solitaire.” – ABCnews/d