Tuesday, 18 September 2018

Jelang Musim Hujan, Pompa Mobile Disiagakan

Rabu, 4 November 2015 — 18:19 WIB
Walikota Jakarta Selatan, Tri Kurniadi, meninjau rumah pompa di Kebon Baru, Tebet. (rachmi)

Walikota Jakarta Selatan, Tri Kurniadi, meninjau rumah pompa di Kebon Baru, Tebet. (rachmi)

JAKARTA (Pos Kota) – Jelang musim hujan, Pemko Jakarta Selatan menyiagakan puluhan rumah pompa dilengkapi pompa mobile dan pompa penyedot air. Sementara pengerukan kali dan sungai di 10 kecamatan juga digenjot untuk mengatasi banjir.

“Dari hasil pengecekan, satu pompa penyedot air di rumah pompa di Kebon Baru rusak dan kini sedang diperbaiki,” kata Walikota Jakarta Selatan, Tri Kurniadi, didampingi Kepala Sudin Tata Air, Dedy Budiwidodo, Rabu (4/11/2015).

Pengecekan tersebut diakuinya penting untuk mengetahui kesiapan jajarannya, termasuk kondisi mengetahui terkini mesin pompa berikut solar supaya siap digunakan saat musim hujan mendatang.

Dedy Budiwidodo menjelaskan Jaksel memiliki 32 rumah pompa, lima buah pompa mobile dilengkapi dua pompa penyedot air.

“Keberadaan pompa air di P‎ulo Raya untuk mengantisipasi luapan air dari Kali Krukut dan Kali Mampang. Sedangkan pompa air Kemang Selatan dan pompa di Kebon Baru bertujuan menyedot banjir akibat luapan Kali Ciliwung,” ujarnya.

Ia menambahkan selama tiga bulan terakhir pengerukan sejumlah kali hingga saluran penghubung (Phb) digeber. Di antaranya Kali Krukut di Petogogan dengan kedalaman hingga 3 meter, saluran Phb di Menteng Pulo, Rawa Bilal, Tebt dan Kali Pesanggrahan.

“Untuk normalisasi kali di 10 kecamatan ditargetkan Desember rampung. Kami optimis potensi banjir di Jaksel tahun ini dapat berkurang dibanding sebelumnya,” jelas Dedy. (rachmi)