Tuesday, 18 September 2018

Adelaide Bangun Hotel Bintang Lima, Buat Hewan Peliharaan!

Kamis, 5 November 2015 — 18:23 WIB
Frank Beauchamp, Presiden Pertama lembaga Guide Dogs Australia Selatan, membuka lahan pembangunan hotel dekat Bandara Adelaide.

Frank Beauchamp, Presiden Pertama lembaga Guide Dogs Australia Selatan, membuka lahan pembangunan hotel dekat Bandara Adelaide.

ADELAIDE – AUSTRALIA –  Sebuah lahan rumput kosong di dekat Bandara Adelaide akan dibangun menjadi hotel bintang 5 senilai 6 juta dolar (atau setara Rp 60 miliar), tapi nantinya, para tamu yang boleh menginap hanyalah kucing dan anjing.

Lembaga perlindungan hewan ‘Guide Dogs’ di Australia Selatan sedang membangun fasilitas rumah bagi sekitar 244 kucing, anjing dan hewan peliharaan mungil lainnya seperti tikus belanda.

Bangunan khusus hewan peliharaan itu, menurut laman ABCNews,  akan mencakup ruangan mewah dengan televisi pribadi dan Webcam live streaming yang bisa dipantau secara aktual sehingga pemilik bisa menitipkan hewan peliharaan sementara mereka menikmati liburan.

Fasilitasnya meliputi kolam renang, kandang indoor dan outdoor (dalam dan luar ruangan) serta “kondominium” dengan ruang tidur pribadi dan kotak sampah.

Bangunan ini akan menciptakan 25 lapangan pekerjaan, demikian ABCnews menambahkan.

CEO Guide Dogs Australia Selatan, Kate Thiele, mengatakan, di tempat itu, para penjaga akan memiliki tingkat pelatihan yang sama dengan para instruktur anjing pemandu.

“Banyak orang tak tahu bahwa mereka berkualitas secara tersier,” sebutnya.

Ia menerangkan, “Mereka melakukan studi empat tahun untuk menjadi instruktur mobilitas anjing pemandu. Kami akan ambil keahlian yang kami punya dalam perawatan hewan dan membawanya untuk pertama kali di Australia Selatan dan melatih orang-orang dengan standar kami.”

Menurut lembaga Aliansi Kesehatan Hewan, ada lebih dari 25 juta hewan peliharaan di Australia pada tahun 2013, dengan industri perawatan hewan peliharaan diperkirakan bernilai 8 miliar dolar (atau setara Rp 80 triliun) per tahun.

Kate mengatakan, hotel hewan ini akan merambah pasar pecinta hewan.

“Riset pasar kami mengatakan bahwa sekarang ini semakin banyak hewan peliharaan yang jadi bagian dari keluarga. Bertahun-tahun lalu, anjing hanya berada di luar kandang. Kini masa itu telah hilang. Hewan sekarang tinggal di dalam bangunan. Banyak dari mereka tidur di dalam kamar,” jelasnya.

Ia menyambung, “Kami tahu bahwa produk hewan peliharaan benar-benar laku di pasaran dalam hal penjualan retail.”

Hotel itu akan diberi nama “Beau’s”, seperti nama anjing pemandu pertama yang dilatih di Australia pada tahun 1951.

Setiap keuntungan dari hotel akan diseahkan kembali ke lembaga Guide Dogs Australia Selatan, sesuatu yang Kate sebut harus dirayakan.

“Ini cerita yang cukup indah. Seekor anjing pemandu menuntun seseorang yang tak bisa melihat, dan membantu mereka menjadi mandiri dan bisa bergerak adalah hal yang luar biasa inovatif, dan saya pikir hotel hewan peliharaan ini meneruskan sejarah inovasi yang sudah kami lalui bertahun-tahun.” – ABCnews/d