Tuesday, 17 September 2019

Polres Jakarta Utara Jadi Polres Pertama yang Terkoneksi Smart City

Rabu, 11 November 2015 — 14:52 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Polres Jakarta Utara menjadi Polres pertama di wilayah Jakarta yang memiliki jaringan comment center yang terkoneksi dengan Smart City milik Pemprov DKI Jakarta. Melalui koneksi tersebut, diharapkan akan mampu memperluas jangkauan pemantauan kondisi kamtibmas di wilayahnya.

“Kami berinisiatif jaringan comment center kami terkoneksi dengan Smart City dengan aplikasi Qlue. Karena sistem tersebut memudahkan kami mengetahui berbagai permasalahan warga di wilayah hukum kami. Utamanya terkait Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas),” ujar Kapolres Jakarta Utara. Kombes Pol Susetio Cahyadi di sela kunjungannya ke Redaksi Pos Kota, Rabu (11/11/2015).

Adapun Susetio mengaku terkoneksinya jaringan informasi kami dengan Smart City murni inisiatif jajarannya. “Sekarang kalau kita download aplikasi Qlue ada Kamtibmas itu adalah milik kami. Silahkan laporkan keluhan anda akan kita tindaklanjuti,” ucapnya.

Lebih lanjut Susetio tidak takut mendeklarasikan jika Polres Jakarta Utaralah Polres pertama yang sistem informasinya terkoneksi dengan Smart City,” pungkasnya.

Seperti diketahui Pemprov DKI Jakarta telah meluncurkan sistem Smart City dengan aplikasi Qlue. Melalui aplikasi QLUE masyarakat bisa melaporkan segala kejadian disekitarnya. Warga dapat menceritakan sebuah kejadian yang akan dilaporkan baik dalam bentuk tulisan atau foto. Foto dan laporan masyarakat kemudian dipetakan secara digital dan terintegrasi dengan sistem Jakarta smart city.

Kemudian laporan masyarakat akan terkoneksi langsung dengan smartcity.jakarta.go.id dan CROP. Sehingga aparat hanya memantau aplikasi CROP untuk bisa menindaklanjuti laporan dari warga.
Selain pengaduan, masyarakat juga dapat memanfaatkan aplikasi smartcity.jakarta.go.id sebagai sumber informasi Pemprov DKI Jakarta. Data yang terintegrasi antaralain jalur fiber optic, tinggi muka air,letak menara, pos polisi, hingga data kependudukan.

Dashboard aplikasi smartcity akan dikelola di ruang control room di Balaikota. Integrasi CCTV juga menjadi keunggulan dashboard ini.Pimpinan dapat melihat langsung keadaan Jakarta melalui monitoring CCTV yang terintegrasi termasuk melihat ketinggian muka air.(guruh)