Sunday, 23 September 2018

Mesin Beroperasi Baik, Waduk Sunter Siap Hadapi Musim Hujan

Kamis, 12 November 2015 — 10:49 WIB
ilustrasi

ilustrasi

JAKARTA (Pos Kota) – Mejelang musim hujan, tiga mesin pompa di Waduk Sunter Timur, Jakarta Utara, dapat beroperasi dengan baik. Sampah yang masuk waduk itu juga rutin diangkat.

Zaenal, operator pompa, mengatakan setiap mesin pompa dapat menampung 5 meter kubik air per detik. “Semua mesin berfungsi baik untuk menampung air lalu dibuang ke Kali Sunter setelah sampah-sampahnya disaring,” katanya.

Menurutnya, sampah di waduk itu berasal dari Kecamatan Koja. Sampah rutin dibersihkan. “Pengangkutannya setiap minggu. Sekali angkut bisa sampai tiga kali,” jelasnya.

Saat musim hujan, sampah yang menunpuk membuat volume air menjadi tinggi. Ini menyebabkan banjir bila tidak dilakukan penyaringan secepatnya.

“Saat musim hujan kita selalu jaga-jaga, kalau volume air tinggi, berarti banyak sampah. Jadi, kita saring sampahnya,” ungkapnya. “Tap bila musim kemarau, sehari paling tiga sampai empat kubik sampah yang diangkut dari saringan. Musim hujan yang banyak mengangkut sampah, sehari bisa 5 truk dan 1 truknya itu bisa menampung 9 kubik sampah,” lanjutnya.

Diharapkan, dengan beroperasinya mesin maka warga setempat tak akan kebanjiran saat musim hujan datang. Bila alat-alat tak berjalan baik, Kali Sunetr akan meluap hingga jalan dan permukiman terendam air sekitar 40 cm. (PNJ-25)

  • Mangap

    Semua pompa terutama di Jakarta Utara harus di cek.
    Di Ancol, Priuk, Waduk PLuit, dll semua harus di cek kesiapannya.
    kalau kurang bagus segera di servis