Monday, 22 January 2018

Naik Gaji: Kerja Dulu, Dong…

Kamis, 12 November 2015 — 5:27 WIB
DK Nov 1512

MAU naik gaji? Kerja dulu dong yang bener! Begitu kira-kira jawaban bos atau majikan kalau karyawannya minta naik gaji. Tapi ada juga Bos yang nggak pikir panjang lagi menaikkan gaji bawahannya tanpa diminta. Mengapa, ya karena sang bawahan bekerja dengan getol dan menaikkan keuntungan berlipat ganda bagi perusahaan.

“ Jadi kapan Bapak mau minta naik gaji?” tanya istri Bang Jalil.

“ Naik gaji?” Bang Jalil balik bertanya.

“ Iya naik gaji, kan udah lama sekali, gaji Bapak nggak pernah naik?” kata sang istri sambil meletakkan kopi  di meja, ” Bilang sama Bos kalau harga-harga naik terus!” kata sang istri lagi.

“Lho, Ibu kok tiba-tiba nyuruh Bapak minta naik gaji, ada apa ini?” tanya Bang Jalil.

“ Bapak ini gimana, sih? Emang nggak tau, kalau Bapak Presiden gajinya bakalan dinaikkan?” kata sang istri.

“O, gitu? Tapi apa urusannya? Presiden jangan disamakan sama Bapak. Bapak ini kan cuma securiti, Satpam?”” kata Bang Jalil.

“ Lho, apa bedanya. Bapak makan nasi, Pak Presiden juga makan nasi,” kata sang istri.

“ Maksud Bapak….”

“ Udeh, nggak usah dibahas, “ kata sang istri, ” Bapak tau nggak, gaji Pak Presiden ternyata lebih kecil dari gaji bawahannya!”

“ Lho, kok bisa? “ Bang Jalil balik bertanya.

“ Ya, bisa. Buktinya bisa. Makanya, gaji Bapak juga seharusnya lebih besar dari gaji Bos Bapak!” kata sang istri, sok tahu.

Bang Jalil tidak menjawab. Kalau diladeni, bisa panjang. Makanya dia buru-buru membuka dompet dan menyodorkan uang pada sang istri. Uang belanja.

“ Tumben, Ibu belum minta kok Bapak udah kasih uang belanja? “

“ Babak mau berangkat kerja!”

“ Oke, tapi jangan lupa minta naik gaji, ya Pak?”  kata sang istri.

Oke, tapi kerja dulu yang bener, baru minta naik gaji!?    -massoes