Friday, 22 March 2019

Warga Babelan Resah Listrik Sering Padam

Kamis, 12 November 2015 — 9:40 WIB
Foto-Kantor PLN Babelan, Bekasi Utara (santosa)

Foto-Kantor PLN Babelan, Bekasi Utara (santosa)

BEKASI (Pos Kota) – Pelayanan Pusat Listrik Negara (PLN) Babelan, Bekasi Utara, semakin seenak hati saja. Itu dibuktikan dengan sering dilakukannya pemadaman listrik tanpa pemberitahuan kepada warga, seperti yang terjadi dua pekan belakangan ini.

Pemadaman yang terjadi pada Minggu (1/11) dan terulang lagi Selasa (10/11) mulai pukul 22.00 hingga 03.00 WIB, bikin resah khususnya bagi warga di 5 RW di Perumahan Villa Gading Harapan (VGH) Gerbang Timur, Kelurahan Kebalen, Kecamatan Babelan, Bekasi Utara. Pemadaman pun kerap terjadi di siang dan sore hari.

“Ditengah tarif listrik sistem token yang masih mencekik warga, tapi kenapa kok malah sering padam? Sedang pihak PLB Babelan tak melakukan permintaan maaf, misalkan ada perbaikan instalasi atau gardu induk yang rusak,” kata Wahono, tokoh masyarakat di lingkungan RW 025 Perumahaan VGH Gerbang Timur.

Langkah pemadaman listrik yang seenak hati tersebut, menurut Wahono lebih lanjut, dapat mengancam keamanan bagi warga. Pasalnya di lingkungan Perumahaan VGH kerapkali terjadi tindak kriminal seperti pencurian kendaraan bermotor.

Saat dikonfirmasi salah seorang petugas piket pelayanan gangguan, Chaerul, menegaskan soal pemadaman banyak hal yang menjadi penyebab. Baik itu pada untaian kabel yang membentang karena benda atau hewan burung maupun kerusakan di gardu induk.

“Prinsipnya, kami melayani keluhan warga. Namun dari sisi usia instalasi banyak yang sudah usang, harus dilakukan pergantian ke depannya,” jelas dia pada Poskotanews.com.

Sementara itu Pimpinan PLN Babelan, Gita Feryani, belum bisa ditemui terkait keluhan warga karena sering padamnya listrik di wilayah Kecamatan Babelan, Bekasi Utara.

(santosa/sir)