Thursday, 22 August 2019

Bom Bunuh Diri di Beirut Tewaskan 20 Orang

Jumat, 13 November 2015 — 1:22 WIB
Korban bom di Beirut Lebanon dievakuasi (reuters)

Korban bom di Beirut Lebanon dievakuasi (reuters)

BEIRUT- Sedikitnya 20 orang tewas akibat dua bom bunuh diri yang mengguncang wilayah pinggir kota yang sibuk di Beirut, Lebanon. Menurut juru bicara senior Kementerian Dalam Negeri Lebanon, wilayah tersebut merupakan basis kuat kelompok Hezbollah Libanon.

Reuters melaporkan sedikitnya 40 orang terluka akibat bom tersebut sementara media setempat melaporkan serangan terjadi di luar pusat kegiatan Syiah di wilayah Borj al-Barajneh.

Kepala Palang Merah Libanon, George Kittaneh, mengatakan 16 orang menjadi korban.

Menurut polisi, dua orang pria yang berjalan kaki meledakkan rompi berisi peledak di pusat perbelanjaan pada pukul 6 petang waktu setempat.

Foto-foto dan video yang beredar di internet menampilkan darah yang membanjiri jalanan dan petugas keamanan terlihat berusaha mengatur warga yang datang untuk menonton.

Ledakan ini merupakan ledakan pertama yang mengincar wilayah pemukiman di selatan sejak Juni 2014. Kala itu satu pengebom bunuh diri meledakkan mobilnya dan menewaskan seorang petugas keamanan yang sedang berusaha menghentikan pelaku.

Diperkirakan serangan dilakukan sebagai bentuk perlawanan atas dukungan Hezbollah terhadap presiden Suriah Bashar al-Assad. Hezbollah telah mengirim ribuan pasukan untuk membantu Bashar al-Assad mempertahankan kekuasaannya di negara yang tercabik perang sipil.(bbc/daus)