Sunday, 18 November 2018

Universitas Borobudur Kerjasama Philipina

Jumat, 13 November 2015 — 12:46 WIB
Foto-Prof. Dr. Faisal Santiago, SH, MM (duduk keempat dari kiri) bersama perwakilan sejumlah perguruan tinggi dari Indonesia dan Pholipina seuasi MoU di Cebu University, Philipine. (Ist)

Foto-Prof. Dr. Faisal Santiago, SH, MM (duduk keempat dari kiri) bersama perwakilan sejumlah perguruan tinggi dari Indonesia dan Pholipina seuasi MoU di Cebu University, Philipine. (Ist)

JAKARTA (Pos Kota)-Universitas Borobudur, Jakarta bersama Asosiasi Pimpinan Perguruan Tinggi Hukum Indonesia (APPTHI) menjalin kerjasama dengan Cebu University, Philipine. Langkah ini diambil sebagai antisipasi diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Desember 2015.

“Kami memprediksi dengan diberlakukannya ASEAN Economic Community (AEC) akan banyak persoalan menyangkut legal system yang perlu diketahui oleh dosen dan mahasiswa fakultas hukum dari perguruan tinggi di kedua negara,” kata Dekan Fakultas Hukum Universitas Borobudur Prof. Dr. Faisal Santiago, SH, MM yang hadir dalam penandatanganan kerjasama tersebut, kemarin.

Menurut Faisal, dalam pertemuan dan MoU tersebut antara lain dibahas bagaimana kurikulum dan pasar tenaga kerja dalam masyarakat ekonomi ASEAN yang akan berlangsung mulai Desember 2015 ini. Diharapkan dengan adanya kerjasama ini para dosen dan mahasiswa dari kedua negara akan mendapatkan pengetahuan dan informasi mengenai legal system di masing-masing negara dalam kegiatan ekonomi mendatang.

“Kami yakin kedepan akan banyak permasalahan hukum yang akan muncul dengan dibukanya pasar bebas untuk kawasan ASEAN yang perlu diketahui oleh para dosen dan mahasiswa,” tambah Faisal.

Para akademisi dari Indonesia dan Philipina menilai dengan adanya pengetahuan dan informasi mengenai legal system di masing-masing negara akan membantu mahasiswa dalam mempersiapkan diri memasuki pasar kerja di ASEAN.

Di samping itu guna memperkuat kurikulum, akreditasi serta pasar kerja bagi alumni hukum di kawasan ASEAN, akan disatukan dan dibuat BAR Asociation (organisasi pengacara) sebagai fasilitas kompetensi bagi mahasiswa hukum. Nantinya akan disiapkan alumni fakultas hukum untuk menjadi lawyer yang andal sebelum terjun ke pasar kerja ASEAN.

Dalam kegiatan ini juga sempat diadakan workshop “Constructing Compatible Legal System for ASEAN Economic Community” yang berlangsung dari tanggl 11-12 Nopember 2015 di Cebu University Philipine. Workshop ini merupakan kelanjutan dari Global Law Dean di Madrid Spanyol beberapa waktu lalu.

Selain dari Universitas Borobudur kegiatan di Philipina ini juga dihari oleh Ketua APPTHI Dr.Laksanto, SH.MH dan Wakilnya Dr.Wasis Susetio, SH.MH, Ketua STIH Sumpah Pemuda Palembang yang diwakili oleh Firman Fready Busro, SH.MH Univesitas Sahid, Univ. Esa Unggul Jakarta, Univ. Atmajaya Jakarta, Univ. Islam Bandung, Univ. Hangtuah Surabaya, Univ. Muhammadiyah Malang, Univ. Riau Kepulauan Batam dan banyak lagi. Sedangkan dari Universitas Cebu, Philipina diwakili oleh Dean-nya Prof.Dr. Baldomero Estenzo.

(inung/sir)