Friday, 20 September 2019

Warga Pondok Ranji Dapat Layanan Jemput Bola Disdukcapil

Selasa, 17 November 2015 — 9:39 WIB
Foto-Salah satu kegiatan pelayanan sistem jemput bola keliling pembuatan akte kelahiran oleh Disdukcapil Kota Tangsel. (anton)

Foto-Salah satu kegiatan pelayanan sistem jemput bola keliling pembuatan akte kelahiran oleh Disdukcapil Kota Tangsel. (anton)

CIPUTAT  (Pos Kota) – Ratusan warga di Kel. Pondok Ranji, Ciputat Timur sejak Pk. 08:00, antre mendapatkan pelayanan sistem jemput bola pembuatan akte kelahiran secara gratis yang dilaksanakan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

“Alhamdulillah… Akhirnya anak saya memiliki akte kelahiran yang diberikan pihak Disdukcapil Kota Tangsel yang melaksanakan pelayanan sistem jemput bola keliling ke wilayah kami,” ujar Ny. Ratna, warga RW 03, Kelurahan Pondok Ranji, Ciputat Timur.

Terlebih pelayanan tersebut diberikan gratis, tuturnya yang menambahkan anak ke tiganya sampai saat ini memang belum dibuatkan akte kelahiran karena suaminya belum ada waktu untuk mengurus sendiri ke kantor kelurahan maupun kecamatan setempat.

Ny. Tuti, warga lainnya, mengaku kedatangan petugas pelayanan sistem jemput bola pembuatan KTP atau akte kelahiran keliling dari Disdukcapil Kota Tangsel memang sudah dinantikan sejak beberapa bulan lalu.

“Terlebih memang ada informasi kalau di kelurahan ini nantinya bakal ada pelayanan gratis dan langsung selesai dibuat dari Disdukcapil Tangsel untuk warga yang belum memiliki KTP maupun akte kelahiran untuk anak dan dirinya sendiri,” tuturnya.

150 WARGA MEMBUAT

Sedangkan, Lurah Pondok Ranji, Mukroni, mengaku senang dan mendukung program pelayanan sistem jemput bola keliling pihak Disdukcapil Kota Tangsel terlebih di wilayahnya ada sekitar 300 orang atau warga yang belum memiliki akte kelahiran sehingga dapat berkurang jumlahnya.

“Informasi awal memang dilakukan secara kolektif dan disampaikan langsung ke masyarakat di Kel. Pondok Ranji untuk datang serta mengurus sendiri akte kelahiran dalam pelayanan sistem jemput bola ini,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Tangsel, Toto S didampingi Kepala Seksi Kelahiran dan Kematian Disdukcapil setempat, Indana D, mengatakan kegiatan ini memang sudah menjadi program Disdukcapil setempat untuk memberikan pelayanan secara mudah dan cepat ke masyarakat khususnya di setiap kelurahan di Kota Tangsel.

Untuk kegiatan di Kel. Pondok Ranji ini, tambah dia, ada sekitar 150 orang warga yang langsung mendapatkan akte kelahiran gratis yang dilakukan selama satu hari dan untuk selanjutnya petugas Disdukcapil Kota Tangsel akan ke sejumlah kelurahan di Kec. Serpong dan Setu.

(anton/sir)