Tuesday, 17 September 2019

Masinton: Semua Capim KPK Oke

Rabu, 18 November 2015 — 17:44 WIB
Masinton Pasaribu saat mendatangi KPK. (PNJ-29)

Masinton Pasaribu saat mendatangi KPK. (PNJ-29)

JAKARTA (Pos Kota) – Seleksi calon pimpinan (capim) KPK terus bergulir dan memasuki tahap akhir, anggota DPR Komisi III, Masinton Pasaribu, mengatakan komisinya bukan lambat menyeleksi, melainkan mengikuti undang-undang yang berlaku.

“Kemarin panitia seleksi sudah bertemu dengan Komisi III, ini terus diproses di DPR. Tunggu saja,” ujarnya di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu, (18/11/2015).

Menurutnya, kesepuluh calon yang telah menjalani fit and proper test sedang didalami oleh komisi III untuk nantinya dipilih lima orang untuk memimpin KPK. “Semuanya oke, memenuhi kriteria sesuai dengan undang-undang, tapi kita dalami lagi, supaya punya integritas,” tambahnya.

Sehari sebelumnya, pansel KPK memenuhi undangan komisi III untuk membahas tahap akhir rangkaian seleksi capim KPK. Rapat yang digelar tertutup tersebut, lanjut Masinton, akan kembali digelar malam ini.

Pimpinan DPR RI terus mendesak Komisi III untuk segera selesaikan uji kelayakan capim KPK. Alasannya, masa jabatan lima komisioner KPK akan berakhir pertengahan Desember 2015. Namun, Komisi III belum memastikan target uji kelayakan dan kepatutan karena masih melihat perkembangan.

“Kan harus menuruti UU No. 32 tahun 2002 tentang KPK, disitu tertera pemilihan capim 60 hari masa kerja,” tutup anggota DPR tersebut. (PNJ-29/yp)