Wednesday, 19 September 2018

Terapkan e-Natura, Ahok Inginkan Warga Punya Rekening Bank

Rabu, 18 November 2015 — 14:19 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ingin semua warganya memiliki rekening bank. Sehingga bila terjadi bencana Pemprov DKI bisa mudah menyalurkan bantuan berupa e-Natura.

“Saya ingin di Jakarta semua orang itu punya rekening bank dan beli barang-barang subsidi semua harus pakai e-money supaya saya tahu siapa mereka dan belinya apa saja,” kata Ahok, di Balaikota DKI Jakarta, Jl. Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (18/11/2015).

Ahok menerangkan, sistem baru pemberian bantuan berupa kartu e-Natura itu akan diterapkan tahun depan. Sistem pelaksanaan maupun pengawasannya mirip dengan Kartu Jakarta Pintar (KJP).

Jika KJP diberikan pada anak-anak sekolah kurang mampu agar bisa membeli peralatan sekolah, maka e-Natura diberikan kepada warga korban bencana agar bisa membeli kebutuhan yang mereka perlukan.

“Kita lihat saja, ini bisa tahun depan. Sekarang kasih makan dulu saja. Sebenarnya kita mau kontrol siapa yang membutuhkan bantuan selama ini. E-Natura juga ke depan akan bisa dipakai buat membeli sembako, dan membantu operasi pasar,” paparnya.

Tak Berikan Uang Tunai

Ahok menegaskan tidak ingin lagi memberi bantuan uang tunai kepada warga korban bencana. Alasannya, cara tersebut tak jarang dimanfaatkan oleh oknum yang mencari keuntungan saat bencana terjadi.

“Saya nggak mau lagi bagi-bagi duit. Contoh kalau bagi duit tanda tangan, PHL yang pakai ATM saja masih ada yang nipu. Kalau kasih kontan bisa dong saya pinjam nama Anda saya kasih Rp500 ribu suruh tanda tangan Rp1 juta boleh nggak? Ya orang mau juga. Jadi saya nggak bisa kontrol juga,” tuntasnya. (julian/win)