Tuesday, 11 December 2018

Normalisasi Kali Rutin, Rawan Banjir Berkurang

Minggu, 22 November 2015 — 13:55 WIB

JAKARTA (Pos Kota)- Suku Dinas (Sudin) Tata Air Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur mengatakan titik rawan banjir di wilayah berkurang karena sejumlah kali yang ada di wilayah Jakarta Timur sudah dinormalisasi.

Ahmas Yazied Bustomi, Kepala Suku Dinas (Kasudin) Tata Air Pemerintah Kota Jakarta Timur mengatakan, sejak Gunung Antang (Jatinegara) dinormalisasi, daerah rawan banjir di Jalan Penegak, Jalan Penggalang, Jalan Pramuka Raya samping Mapolsek Matraman dan di belakang Mapolsek Matraman warga sekitar tidak khawatir akan banjir.

“Kali Jati kramat dalam proses normalisasi, saat ini tahapan normalisasi kali itu sudah pada tahap pengerukan dan pemasangan turap. Maka itu, wilayah yang tadinya rawan banjir itu juga saat ini sudah mulai berkurang,” tambah Yazied.

Kali Tegal Amba yang ada di Jalan Tegal Amba, Duren Sawit juga kerap banjir, kini sudah berkurang. Selain itu, perempatan Arion yang selama ini tergenang juga sudah tidak terjadi lagi, menyusul adanya normalisasi saluran air di Jalan Raya Pemuda dan Jalan Paus.

“Nantinya kami akan membuat crossing baru di perempatan tersebut. Insya Allah genangan tidak akan muncul lagi di sana,” katanya.

Sementara itu, khusus untuk crossing di seberang Gedung Badan Narkotika Nasional (BNN) mengalami penyempitan persis di dekat jalan tol dalam kota. Walau sering dilakukan pengerukan pada saluran air, namun kendala pada crossing yang mengalami sedimentasi.

“Untuk crossing di seberang BNN kami sudah melakukan koordinasi dengan PT Jasa Marga, mengingat crossing-an itu adanya di bawah jalan tol,” tuturnya.

(pnj-16/sir)