Tuesday, 20 August 2019

Jepang Berharap Banyak Pada Indonesia Soal Investasi

Senin, 23 November 2015 — 17:27 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Pengusaha, politisi dan birokrat Jepang gelar pertemuan dengan Menteri Perindustrian Saleh Husin untuk bicarakan peluang investasi. Ia menilai, pertemuan ini menandakan pihak Jepang sangat menghargai dan berharap banyak pada Indonesia.

“Kita optimistis, investasi Jepang akan semakin meningkat seiring aktivitas bisnis global terus bangkit. Indonesia siap bermitra, asalkan menguntungkan kedua belah pihak dan meningkatkan kesejahteraan Indonesia melalui penambahan lapangan kerja serta transfer teknologi,” kata  Menperin di Jakarta, Senin (23/11).

Menurut data BKPM, investasi Jepang di Indonesia pada tahun 2014 menduduki peringkat kedua setelah Singapura dengan nilai sebesar 2,7 miliar dolar AS  untuk  1.010 proyek

“Investasi Jepang di Indonesia masih didominasi oleh industri kendaraan bermotor dan alat transportasi lainnya,” kata Saleh.

Nilai Tambah

Pada beberapa kali kesempatan sebelumnya, Menperin mendorong Jepang meningkatkan investasi yang memberi nilai tambah. Termasuk meminta Jepang menanam modal di kawasan industri serta mengembangan Indonesia sebagai basis produksi otomotif berorientasi ekspor.

“Sebagai negara dengan investasi terbesar kedua setelah Singapura, pemerintah dan pengusaha Jepang memang intens membangun komunikasi dengan kita. Mereka tetap melihat Indonesia sebagai negara yang strategis untuk kemitraan jangka panjang,” kata Menperin Saleh Husin.

Minggu malam (22/11) Menperin dan sejumlah pejabat pemerintah menghadiri undangan makan malam Duta Besar Jepang untuk Indonesia Tanizaki Yasuaki di rumah dinasnya di Jakarta.

Hadir pula pada acara itu, Ketua Liga Parlemen Jepang-Indonesia Toshiro Nikai, dan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang (Ministry of Economy, Trade, and Industry/METI) Yoichi Miyazawa.(Tri/win)