Tuesday, 16 October 2018

Terobos Palang Pintu Didenda Rp750 Ribu

Jumat, 11 Desember 2015 — 13:40 WIB
Pelanggar yang terkena tilang akibat menerobos palang pintu.(lina)

Pelanggar yang terkena tilang akibat menerobos palang pintu.(lina)

BEKASI (Pos Kota) – Polresta Bekasi akan tindak tegas bagi pelanggar yang nekat menerobos palang pintu kereta api.

Kepala Satuan Lalu Lintas Kompol Argowiyono menekankan pelanggaran tersebut bisa dikenai sanksi denda banyak Rp 750 ribu sesuai dengan pasal 296 UU no.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Atau, lanjutnya Juncto pasal 311 ayat 1, “Setiap orang yang dengan sengaja mengemudikan kendaraan bermotor dengan cara atau keadaan yang membahayakan bagi nyawa atau barang dipidana dengan pidana penjara paling lama setahun atau denda paling banyak tiga juta rupiah,”katanya Jumat (11/12).

Argo menjelaskan aturan mengenai kewajiban pengendara terhadap perlintasan kereta api. Hal ini tertuang dalam pasal 114 UU no.22 tahun 2009 tentang LLAJ “Pada perlintasan sebidang antara jalur kereta api dan jalan pengemudi kendaraan wajib :

Mengantisipasi hal tersebut jajaran Sat Lantas Polresta Bekasi gencar melakukan penindakan terhadap para pengendara yang nekad menerobas perlintasan kereta yang sedang berbunyi.

Sesuai dengan pasal 114 UU no.22 tahun 2009 ttg LLAJ “pada perlintasan sebidang antara jalur kereta api dan jalan pengemudi kendaraan wajib : a. Berhenti ketika sinyal sudah berbunyi, palang pintu kereta api sudah mulai ditutup, dan/atau ada isyarat lain ; b. Mendahulukan kereta api ; c. Memberikan hak utama kepada kendaraan yang lebih dahulu melintasi rel.

“Tolong taati peraturan lalu lintas, kasihi diri anda dan orang lain. Karena kecelakaan tidak hanya merugikan pribadi kita melainkan banyak orang disekeliling yang dapat merasakan dampaknya,” tandas Kompol Argo.

(lina/sir)