Saturday, 20 January 2018

Liga Spanyol

Pelatih Terbaik, Pemain Madrid Ini Tunjuk Guardiola

Sabtu, 12 Desember 2015 — 10:00 WIB
Pep Guardiola/Reuters

Pep Guardiola/Reuters

JAKARTA (Pos Kota) – Pemain Real Madrid, Toni Kroos, punya penilaian sendiri tentang pelatih terbaik. Sejauh ini, ia menganggap  pelatih Bayern Munich, Pep Guardiola, sebagai pelatih terbaiknya.

Sebelum gabung dengan klub raksasa Spanyol itu, Kroos berseragam Bayern Munich. Di klub Bavaria itu, ia antara lain pernah merasakan bimbingan sejumlah pelatih. Di antaranya Juergen Klinsmann dan Guardiola.

Membandingkan keduanya, Kroos menganggap Guardiola lebih baik untuknya. “Secara pribadi, selama Klinsmann di Bayern saya banyak kehilangan. Saya tak dapat mendapatkan konsep dan komunikasi yang pantas, juga kesuksesan,” ujarnya kepada Die Zolt seperti dilaporkan Marca.

Hal sebaliknya diterimanya dari Guardiola. “Konsep dan perencanaannya saat menghadapi lawan membuat Guardiola menjadi pelatih terbaik yang pernah saya miliki. Dia juga sangat baik dalam menyampaikan apa yang diinginkannya kepada pemain,” sanjungnya pada mantan pelatih Barcelona itu.

Pemain yang juga pernah ditangani Jupp Heynckess di Bayern dan Joachim Loew di Timnas Jerman ini punya pandangan sendiri soal kriteria pelatih idaman.

“Ada tiga syarat. Pertama, harus punya filosofi dan gaya main yang jelas. Kedua, bisa berkomunikasi dan menyampaikan pikirannya pada pemain. Ini penting untuk menjaga semangat pemain. Lalu ketiga, harus bisa membawa tim menjadi sukses,” urainya. (yp)