Wednesday, 19 September 2018

Di Taman Silang Monas Jakarta

Lomba Kicau Burung Bakal ada Transaksi Miliaran Rupiah

Minggu, 13 Desember 2015 — 18:10 WIB
Burung love bird (ist)

Burung love bird (ist)

KEBAYORAN BARU (Pos Kota) – Lomba burung kicau yang akan digelar di Taman Silang Monas pada Minggu depan diperkirakan dibanjiri ribuan kicaumania dari penjuru nusantara. Lomba  memperebutkan Piala Wapres Jusuf Kalla dan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama diprediksi bakal terjadi transaksi jual-beli burung kontes mencapai miliaran rupiah.

“Lomba tingkat nasional ini dalam rangka menuju Road to Jokowi Cup yang akan kami gelar tahun 2016,” ujar panitia Afdal, pada jumpa pers di kawasan Kemang, Kebayoran Baru, Minggu (13/12).

Jumlah  yang sudah mendaftar  1.700 peserta yang kebanyakan dari Pulau Jawa, Bali, Sumatera, dan Kalimantan. “Kami targetkan mencapai 4.000 peserta dengan harga tiket lomba mulai dari Rp 100 ribu sampai Rp 1 juta/kelas,” tambah Afdal.

Segenap panitia antara lain Afdal, Rico, Yayang, Bastian, dan Brandy menambahkan meski lomba ini hanya bagi komunitas pecinta burung, namun turut menggerakkan roda ekonomi.

Di balik lomba, omsetnya bakal mencapai miliaran rupiah dari penjualan burung jawara kontes maupun pernak-pernik burung, dan kuliner. “Salah satu contoh saja, beberapa waktu lalu ada seekor burung love bird pemenang lomba tingkat nasional, sudah ditawar Rp 1,8 miliar tapi tidak dikasih oleh pemiliknya,” papar Afdal.

Ribuan burung yang dipertandingkan pada hari Minggu, tanggal 20 Desember, mulai jam 08.30 sampai selesai, harga per ekornya sudah mencapai jutaan rupiah. Biasanya, usai lomba, para pecinta burung berkantong tebal berburu burung pemenang lomba. Di situlah terjadi ajang transaksi besar-besaran.

Panitia menyediakan hadiah total uang tunai ratusan juta rupiah, ditambah door prize yang menggiurkan. “Kami menyediakan grand prize mobil baru, sepeda motor, sepeda ontel, LED TV dan berbagai peralatan elektronik dan sangkar burung,” tambah Bastian. Setelah hajatan ini selesai, maka panitia tiap bulan akan menggelar lomba di belasan propinsi memperebutkan Piala Jokowi.(Joko)