Thursday, 19 September 2019

Warga DKI Belum Miliki e-KTP Sebelum 31 Desember Wajib Merekam Data

Selasa, 15 Desember 2015 — 6:40 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA (Pos Kota) – Pemprov DKI Jakarta meminta seluruh warga yang belum merekam data e- KTP segera mengurusnya. Sebab, KTP lama dipastikan dicabut mulai awal 2016 mendatang. Bila sampai 31 Desember 2015 tidak merekam datanya maka seluruh data bersangkutan akan dihapus.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta sudah menyebarkan surat imbauan kepada RT/RW agar semua warga melakukan perekaman e-KTP.

Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI, Edison Sianturi, meminta Ketua RT/RW, mulai melakukan mengingatkan penduduk usia wajib e-KTP guna melakukan perekaman.

“Perekaman dilaksanakan paling lambat hingga 31 Desember 2015. Kami sudah berikan surat edaran kepada RT/RW agar sosialisasikan perekaman e-KTP kepada seluruh warganya,” kata Edison, kemarin.

Edison meminta agar warga memperhatikan secara sungguh-sungguh. “Apabila wajib KTP tidak melakukan perekaman, maka data kependudukan akan dinonaktifkan di database,” ujarnya.

Untuk mengaktifkan kembali, masyarakat harus melakukan pendaftaran ulang atau dengan menggunakan formulir biodata penduduk baru.

Dinas Dukcapil  sudah  menambah jam operasional petugas. Misalnya, Senin-Kamis dibuka mulai pukul 07.30-18.00 dan Sabtu mulai pukul 08.00-12.00.

Diketahui, Ada 30 ribu RT dan 5.000 RW di 267 kelurahan atau 44 kecamatan se-DKI. Dari 10,52 juta penduduk, sebanyak 7 juta diantaranya wajib KTP. Namun dari jumlah tersebut yang sudah memiliki e-KTP baru sekitar 6,7 juta jiwa.(John)

  • dono

    CABUT SAJA!!! EMANG GUE PIKIRIN?????