Saturday, 22 September 2018

Messi: Tidak Diragukan Maradona Inspirator Saya

Minggu, 20 Desember 2015 — 9:28 WIB
messi-maradona

BARCELONA (Pos Kota) – Lionel Messi kembali mengakui, inspirasinya menjadi pesepakbola adalah Maradona, legenda dari Argentina yang pernah menjadi pelatihnya di Timnas.

“Jika ada seseorang yang menginspirasi saya, tak diragukan lagi, Maradona lah inspirator saya,” kata Messi dilansir media Spanyol.

Messi kerap disebut sebagai penerus Diego Maradona. Hal itu diakuinya, bukanlah sebuah ketidaksengajaan. Sebab Maradona merupakan legenda hidup sepakbola Argentina, dan kini Messi kerap dibanding-bandingkan dengan kapten Tim Tango pada Piala Dunia 1986 itu karena keduanya punya kemampuan olah bola yang memukau.

Kecuali gelar bersama tim nasional, Messi dianggap sebagai titisan Maradona. Menurut Messi, hal itu bukanlah sebuah kesengajaan karena dirinya memang mengikuti Maradona sejak kecil.”Saat itu tahun 1993. Maradona baru saja kembali ke Argentina,” kenang Messi. Maradona bergabung ke Newell’s Old Boys sepulangnya dari Spanyol. Maradona juga menjadi bagian dari tim nasional yang lolos ke Piala Dunia 1994.

Satu tahun setelah Maradona kembali ke Argentina, Messi bergabung dengan tim akademi Newell’s. Sayangnya, dia tak pernah berada satu lapangan, karena Maradona sudah hijrah ke Boca Juniors. Mereka baru bisa berada dalam satu tim pada 2008. Ketika itu, Maradona ditunjuk menjadi pelatih Tim Tango Piala Dunia 2010.

LEBIH BANYAK

Bersama Tim Tango, Messi memang gagal menjadi yang terbaik. Namun, rentetan gelar individu dan bersama Barcelona membuat dia punya koleksi trofi lebih banyak daripada Maradona. Messi hanya punya satu gelar Piala Dunia Timnas U-20, pada tahun 2002, bersama Di Maria, Demichelis, Carlos Tevez dan lain-lain. Sayangnya di tingkat senior, Messi belum meraih tropi, termasuk di Liga Conmebol.

Namun, Messi mengaku tak terlalu terobsesi dengan kata sukses. Dia selalu menyeimbangkan hidup antara di dalam dan luar lapangan. “Saya selalu menikmati sepak bola. Itulah hal yang saya cintai. Saya berharap bisa selama mungkin bermain sepak bola,” tutur Messi.
(awang/si)