Tuesday, 20 November 2018

Dua WN Nigeria Itu Menipu Ternyata Lewat Facebook

Selasa, 22 Desember 2015 — 17:35 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Dua warga negara asing (WNA) asal Nigeria diringkus Tim Subdit Cyber Crime Unit IV Dir Reskrimsus PoldaMetro Jaya. Kedua pelaku  AOC alias FJM dan RS diamankan usai menipu korbannya lewat Facebook hingga ratusan juta rupiah di Perumahan Legenda Wisata Zona Vivaldi Blok M9, Jakarta Selatan, Selasa (22/12).

Dir Reskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Mujiyono, mengatakan pelaku merupakan sindikat Nigerian Scam. Dalam aksinya salah satu pelaku yang masuk dalam DPO berinisial UTE menggunakan Facebook. “Setelah berkenalan dengan korban UTE berpura – pura sebagai Marks Collins yang berprofesi sebagai Dokter di Rumah Sakit Texas Amerika,” kata Mujiono.

Kemudian UTE meminta korban mencarikan rumah di Jakarta dengan alasan akan berivestasi di Jakarta di bidang pendidikan. Atas kesedian korban, UTE berjanji akan mengirim hadiah berupa paket uang dolar yang dikirim dari Amerika Serikat.

“Kata pelaku paket tersebut akan diantar oleh seorang Agen dari Amerika bernama Frank Jorick Morgen (AOC alias FJM),” katanya.

Beberapa hari kemudian, jelas Mujiyono, korban mendapatkan pesan Whatsapp dari UTE bahwa paket sudah sampai di Indonesia dan diterima oleh seorang petugas Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali atas nama Bertha Ivanna Floren alias RS.

Namun untuk mengantar paket tersebut ke Jakarta, korban diharuskan mentransfer sejumlah uang agar paket tersebut bisa diambil. Atas kejadian itu korban mengalami kerugian Rp 647.432.000.

Dikatakan, korban kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Polda Metro Jaya. Petugas yang dipimpin Kanit IV Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, kemudian melakukan pelacakan dan berhasil meringkus dua WNA di rumah kontrakannya.

Petugas kemudian melakukan penggeledahan menyita barang bukti berupa delapan buah handphone, Simcard, laptop dan tig buku rekening yang digunakan untuk melakukan kejahatan. (ilham)