Friday, 16 November 2018

Pertamina Jamin Pasokan BBM & Gas Elpiji Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Rabu, 23 Desember 2015 — 10:47 WIB
antri bbm

JAKARTA (Pos Kota) – Pertamina Marketing Operation Region III menjamin pasokan BBM dan gas elpiji untuk DKI Jakarta, Jabar dan Banten, selama liburan Natal sampai Tahun Baru, aman.

“Saat ini ketahanan pasokan premium cukup untuk 19 hari, solar 32 hari, gas elpiji 7 hari dan avtur 11 hari,” kata Jumali, General Manager Marketing Operation Region III Pertamina, kepada Pos Kota, Rabu (23/12).

Karena itu, ia meminta masyarakat tidak perlu khawatir terhadap pasokan BBM dan gas elpiji jelang libur Natal dan Tahun Baru.

Selama periode 21 Desember 2015 hingga 8 Januari 2016, ia memperkirakan konsumsi premium naik 3 persen di atas penyaluran normal, sekitar 21.000 Kl/hari.

Sedangkan konsumsi solar subsidi (PSO) diperkirakan turun 4 persen. Di bawah rata-rata penyaluran normal, sekitar 8.400 Kl/hari.

Di bidang aviasi, pasokan avtur di wilayah Jawa Bagian Barat yang meliputi DPPU Soekarno-Hatta, DPPU Halim Perdanakusuma, DPPU Husein Sastranegara dan DPPU Pondok Cabe, konsumsi avtur diperkirakan naik 11,95 persen dari penyaluran normal, sekitar 5.769 Kl/hari.

“Pertamina juga akan menambah pasokan gas elpiji sebanyak 7,19 persen dari alokasi penyaluran normal, sekitar 5.729 metrik ton/hari,” jelas Jumali.

BENTUK SATGAS

Selama periode libur akhir tahun ini, pihaknya akan membentuk satuan tugas yang siap memantau penyaluran setiap harinya.

Enam terminal BBM di wilayah ini akan beroperasi selama 24 jam. Agen gas elpiji akan beroperasi setiap hari. Sekitar 1.164 SPBU dan modern outlet akan disiagakan untuk penyediaan gas elpiji.

Sebanyak 645 unit mobil tangki juga akan disiapkan untuk penyaluran selama 24 jam.
“Tidak hanya itu, sistem contra flow akan disiapkan bekerjasama dengan kepolisian untuk kelancaran distribusi mobil tangki di jalur wisata,” terangnya.
(setiawan/sir)