Tuesday, 25 September 2018

Polda Jateng Prioritaskan Pengamanan 173 Gereja pada Operasi Lilin

Rabu, 23 Desember 2015 — 18:01 WIB
Belasan ribu aparat gabungan apel siap amankan Natal dan Tahun Baru di Jawa Tengah

Belasan ribu aparat gabungan apel siap amankan Natal dan Tahun Baru di Jawa Tengah

SEMARANG ( Pos Kota ) РBelasan ribu aparat gabungan disiagakan untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2016 di wilayah hukum Polda Jateng . Ribuan aparat gabungan itu terdiri dari 8.685 personil  Polda Jateng ditambah 1.913 anggota TNI, dan 8.168 personel gabungan lintas sektoral lainnya.

Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Musyafak, dalam apel Operasi Lilin Candi 2015 di Mapolda Jateng, Rabu (23/12/2015) mengatakan , aparat gabungan ini akan disiagakan di seluruh gereja di Jateng dan lokasi pusat berkumpulnya massa . “Selain aparat TNI dan Polri tim gabungan pengamanan Natal dan tahun baru juga aparat lintas sektoral seperti Dishub , Linmas , Satpol PP dan lainnya , ujar Musyafak .

Puluhan ribu personel gabungan ini nantinya akan disiagakan di 2.888 gereja yang ada di Jawa Tengah. Disebutkan ,Polda Jateng mengidentifikasi 173 gereja yang akan mendapatkan prioritas dalam pengamanan perayaan Natal dan pergantian tahun yang tersebar di berbagai wilayah di provinsi ini. Pada saat perayaan Natal konsentrasi pengamanan di gereja-gereja , sedang saat pergantian tahun, menurut dia, pengamanan diprioritaskan di pusat-pusat keramaian dan tempat-tempat wisata.

Penempatan personel didasarkan atas skala keamanan. “Optimalkan fungsi intelijen dan babinkamtibmas. Tingkatkan kewaspadaan,” tandasnya .

Apel gelar pasukan ini juga dihadiri oleh Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Burhanudin, Kepala Staf Kodam (Kasdam) IV Diponegoro Brigjen Joni Supriyanto, Komandan Pangkalan TNI AL (Dan Lanal) Semarang Kolonel Laut (P) Elka Setyawan, serta perwakilan dari Pemprov Jateng. Operasi Lilin Candi ini dilaksanakan mulai 24 Desember 2015 hingga 2 Januari 2016 . ( Suatmadji ) .