Saturday, 22 September 2018

RPTRA Disebut Sarang Predator Anak, Ahok Tantang Komnas PA

Rabu, 23 Desember 2015 — 15:58 WIB
ahok nendang bola

JAKARTA (Pos Kota) – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tidak terima Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) disebut sebagai tempat nongkrong para predator anak oleh Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA).

Sebaliknya, menurut pria yang akrab disapa Ahok ini, RPTRA justru dapat membantu antisipasi ancaman kejahatan dan kekerasan terhadap anak.

“Coba jelasin saja, yang dimaksud dengan sarang predator anak itu bagaimana coba. Justru kalau enggak ada tempat terbuka seperti ini, anak-anak dipancing ke rumahnya. Kalau kayak gini kan diawasi tetangga bersama,” katanya, setelah meresmikan RPTRA di Rumah Susun Pulogebang Indah, Kelurahan Pulogebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Rabu (23/12/2015).

Orang nomor satu di DKI ini lantas menantang Komnas PA memberikan masukan kepada dirinya mengenai konsep ruang interaksi yang ramah bagi anak.

“Bila Komnas PA tahu cara terbaik, kasih tahu saya saja bagaimana,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait menuturkan RPTRA berpotensi menjadi tempat yang rawan kejahatan dan kekerasan terhadap anak. “Justru di situ tempat nongkrong para predator-predator anak. Mereka tidak usah susah-susah ngumpulin (anak-anak), tinggal pilih mana yang bakal dijadikan korban,” katanya, di kantor Komnas PA, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

(julian/sir)