Thursday, 15 November 2018

Bersama Organda, Jasa Marga dan Dishub

Antisipasi Macet Arus Balik, Polda Metro Gelar Rapat Terpadu

Sabtu, 26 Desember 2015 — 21:18 WIB
Kapolda Metro Jaya, Irjen Tito Karnavian didampingi Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Mohammad Iqbal. (ilham)

Kapolda Metro Jaya, Irjen Tito Karnavian didampingi Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Mohammad Iqbal. (ilham)

JAKARTA (Pos Kota) – Polda Metro Jaya mengantisipasi arus balik kendaraan pada liburan panjang akhir tahun ini. Tidak ingin kemacetan krodit terulang seperti Rabu Kamis (23-24/12), polisi menyiapkan rekayasa lalu lintas. Kepolisian menggelar rapat bersama Jasa Marga, Dishub DKI, dan Organda, Sabtu (26/12).

Kapolda Metro Jaya Irjenpol Tito Karnavian mengatakan, puncak arus balik diprediksi terjadi hari Minggu (27/12) mulai pukul 13.00 sampai Senin (28/12) sekitar pukul 06.00 Sebab, banyak warga Jakarta yang kembali untuk bekerja setelah liburan. Antisipasi terutama dilakukan di tiga titik. Yakni dari jalur tol Cikampek, Jagorawi, dan Merak.

“Kami sudah koordinasi dengan Korlantas Mabes Polri, Pokres Bogor, dan Karawang,” kata Tito usai rapat di Mapolda Metro Jaya.

Rekayasa lalu lintas, kata dia, berdasarkan evaluasi kemacetan akibat jumlah kendaraan yang melebihi kapasitas atau overload. Nanti, dari tiga jalur tersebut akan dilakukan pengalihan arus ke jalur arteri jika diperlukan. Misalnya, dari Bandung kalau padat akan dibelokan masuk arteri Karwang – Bekasi. Begitu juga dari arah Bogor dan Merak.

“Kita siapkan pos pengamanan jajaran Polri dan Dishub setempat. Jumlah persisnya tidak tahu tapi seperti pasa operasi ketupat lebaran lalu,” ujar mantan Kapolda Papua ini.

Antisipasi lainnnya, kata dia, menempatkan petugas dari polres, dirlantas polda, sabhara, brimob termasuk kendaran roda dua akan kita terjunkan untuk mengalirkan lalu lintas. Petugas akan mengarahkan pengendara yang parkir di bahu jalan karena menyebabkan kemacetan parah. Termasuk di setiap pintu tol ditempatkan petugas.

“Prioritas untuk menguras lalin yang masuk ke Jakarta,” ujarnya.(ilham)