Saturday, 17 November 2018

Antisipasi Macet Arus Balik Polisi Depok Tetapkan Siaga Satu

Minggu, 27 Desember 2015 — 15:07 WIB
Kapolresta Depok Kombes Dwiyono, Kasatlantas Polresta Depok Kompol Sutomo bersama anggota melakukan pengaturan di simpang mal Cibubur Junction potensi rawan kemacetan. (Angga)

Kapolresta Depok Kombes Dwiyono, Kasatlantas Polresta Depok Kompol Sutomo bersama anggota melakukan pengaturan di simpang mal Cibubur Junction potensi rawan kemacetan. (Angga)

DEPOK (Pos Kota) – Antisipasi kemacetan kepadatan kendaraan pada arus balik liburan Natal dan Tahun Baru 2016, jajaran Polresta Depok menetapkan siaga 1 dalam melakukan penjagaan titik kemacetan dalam tol maupun Mal.

Kapolresta Depok Kombes Dwiyono mengatakan telah menurunkan sebanyak 139 anggota dibantu Sat Sabara dan Pam Obvit Polda Metro Jaya untuk membantu mengurai kemacetan kendaraan di jalan. “Titik rawan pantauan antisipasi kemacetan yaitu Pintu Tol Miring Jagorawi, Tol Km.20 dan Km. 13, lalu keluar pintu tol Cibubur Junction,”ujarnya kepada Pos Kota di lokasi Pos Pengamanan Jalan Transyogi Cibubur, Harjamukti, Cimanggis, Kota Depok, Minggu (26/12/2015).

Mantan Kapolres Banyumas ini juga menyebutkan akan berkoordinasi dengan Polres Metro Jakarta Timur untuk melakukan pengaturan di daerah perbatasan. “Ada sebagian wilayah yang dilalui potensi kemacetan seperti tempat rekreasi Wiladatika masuk wilayah Jakarta Timur. Kita sudah koordinasi dengan polantas Jakarta Timur untuk turun membantu mengurai kemacetan,”tambahnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polresta Depok Kompol Sutomo mengatakan anggota yang berjaga dalam tol. Akan dibantu oleh petugas PJR Ka Induk untuk melakukan pengaturan. “Kita juga sudah berkoordinasi dengan Kanit PJR Ka Induk Turangga 4 Polda Metro Jaya, Kompol Sutina untuk dibantu anggotanya khusus penjaga jalan tol membantu anggota polres dalam mengatur volume kendaraan yang padat,”tambahnya.

Antisipasi kemacetan yang perlu diwaspadai, lanjut Kasat menjelang sore. Arus dari arah Jagorawi menuju Jakarta terjadi kepadatan. “Jika sudah terjadi kepadatan volume kendaraan, pihaknya akan meminta petugas tiket untuk jembut bola mendatang pengendara untuk lebih cepat dalam pembagian tiket. Sehingga setidaknya kepadatan kendaraan tidak terlalu parah,”ungkapnya.

Pantauan Pos Kota di lokasi menjelang sore keluar pintu tol Cibubur Junction terlihat ramai lancar. Namun sebaliknya ara menuju Jakarta selepas pintu tol Cimanggis penumpukan kendaraan dari arah Puncak atau Bogor ke Jakarta sudah padat. Selain itu Kabid Ti Polda Metro Jaya, Kombes Panjaitan, Dir Pamobvit Polda Metro Jaya Kombes Aan Suhanan, Dir Krimsus Polda Metro Jaya Mujiyono melakukan peninjauan di lokasi potensi kerawanan kemacetan arus balik di Pintu Tol Cibubur, dan Jalan Transyogi Cibubur Cimanggis. (Angga/yh)