Wednesday, 21 November 2018

Antisipasi Arus Balik Libur Natal

Jika Macet Parah, Contra Flow Diberlakukan di Tol Cikampek

Minggu, 27 Desember 2015 — 7:21 WIB
Kesiapan mengantisipasi lonjakan arus balik dengan menerapkan ContraFlow, di beberapa titik. (Saban)

Kesiapan mengantisipasi lonjakan arus balik dengan menerapkan ContraFlow, di beberapa titik. (Saban)

BEKASI (Pos Kota)-Skenario rekayasa arus lalu-lintas akan dilakukan pengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampel, mulai Minggu (27) pagi iniĀ  jika kondisi arus kendaraan padat.

“Ada enam skenario yang kami terapkan, jika kondisi lalu-lintas terjadi seperti awal liburan lalu,” ujar Iwan Apriyanto, Humas PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek, Minggu pagi.

Pertama, kata Iwan dengan memasang rambu, rubercone, raling di depan bahu Tempat Istirahat (TI) KM 62 B, 52 B dan KM 42 B dan penempatan petugas Patroli, Satgas dan Patroli Jalan Raya (PJR).

Skenario kedua pemberlakukan ContraFlow untuk menghindari kemacetan di jalur utama akibat TI penuh; di TI 62 B, ContraFlow mulai dari KM 65:00 s/d KM 61;500, TI 52 B ContraFlow dimulai dari KM 53:100 s/d 50:00 dan TI 42 ContraFlow dimulai dari KM 44:800 s/d 42:200.

Skenario ketiga; penambahan gerbang di Cikarang Utama dengan 7 gardu, akan lebih mudah kendaraan ke luar.

Skenario keempat penambahan gardu di Gerbang Cikarang Utama menjadi 14 gardu.
Skenario kelima menyediakan uang kembalian senilai Rp 300 juta untuk gerbang Cikarang Utama.

Skenario keenam, apabila Gerbang Tol Cikarang Utama 2 dan 3 terjadi kepadatan, maka dilakukan pengalihan arus melalui gerbang Tol Cikarang Barat 2 dan berputar masuk melalui Gerbang Tol Cikarang Barat 4 dengan langkah-langkah, memasang rambu informasi di Cevron ke arah Cikarang Barat 2 serta menempatkan petugas patrik, PJR dan Satgas. (Saban)