Tuesday, 25 September 2018

Hujan Guyur Puncak, Bendung Katulampa Siaga IV

Sabtu, 2 Januari 2016 — 18:19 WIB
Bendung Katulampa

Bendung Katulampa

BOGOR (Pos Kota) – Hujan deras yang mengguyur kawasan Puncak dan Bogor, Jawa Baratb  sekitarnya sejak Sabtu (2/1/2016) siang  hingga petang menyebabkan debit air di Bendung Katulampa naik dan menyentuh angka 110 sentimeter artinya Siaga III.

Koordinator penjaga Bendung Katulampa Andi Sudirman mengatakan, sejak pukul 16:00 hujan deras mengguyur hulu di Ciliwung di kawasan Puncak dan Bogor sekitarnya. “Hingga dua jam lebih hujan  mengguyur mengakibatkan  ketinggain air Bendung Katulampa menyentuh angka 110 sentimetr,” ujarnya.

Namun, setelah pukul 18:00  hujan berangsur surut, bersaam itu status ketinggian air Katulampa turun dan menjadi siaga empat. “Terakhir siaga empat dengan ketinggian 80 centimeter,” kata Andi.

Meski demikian dia mengimbau, warga yang tinggal di bantaran Ciliwung waspada mendapat kiriman dari Sungai Ciliwung. Namun, dia belum bisa memastikan potensi banjir di Jakarta. “Kalau potensi banjir tergantung dari aliran sungai yang ada di setiap wilayah,” kata Andi.

Dia mengatakan, biasanya perjalanan air di sungai Ciliwung hingga sampai Jakarta bisa memakan waktu 12 jam. “kami terus berkomunikasi  dengan penjaga pintu air di kawasan Puncak dan di Depok untuk  memantau kenaikan volume air di aliran Ciliwung,” tutupnya. (iwan)