Friday, 16 November 2018

Kapolda Antisipasi Kemacetan Arus Balik Liburan

Sabtu, 2 Januari 2016 — 16:29 WIB
Kapolda Metro Jaya, Irjen Tito Karnavian (dok)

Kapolda Metro Jaya, Irjen Tito Karnavian (dok)

JAKARTA (Pos Kota) – Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian memprediksi arus balik libur panjang berlangsung hari ini hingga besok. Kapolda pun berikan arahan untuk mengurai kemacetan.

Guna mengantisipasi penumpukan kendaraan, Tito memberikan arahan kepada personel langkah-langkah untuk mengurai kemacetan di tiga lokasi jalan tol utama yaitu Tol Jakarta – Cikampek, Tol Jagorawi dan Tol Tangerang – Merak.

“Teknisnya nanti di pintu tol itu untuk mempermudah pembayaran Jasamarga akan memberikan tambahan personel untuk jemput bola, jadi langsung bayar ke petugas,” kata Tito, Sabtu (2/1).

Dikatakan, jika terjadi kemacetan panjang di Kebon Jeruk, maka akan dilakukan pengalihan kendaraan mulai pintu Tol Karang Tengah atau pintu lain di Tol JORR, sehingga tidak semua kendaraan masuk melalui pintu Kebon Jeruk atau Tomang.

Kemudian di Cikampek. Jika arus kendaraan di area tersebut terlalu besar maka petugas akan memberlakukan/membuka contra flow seperti pekan lalu. Jadi, kendaraan dari arah Cikampek menuju Jakarta bisa menggunakan sebagian jalur kendaraan dari Jakarta menuju Cikampek.

Sedangkan untuk Tol Jagorawi, Kapolda memperkirakan titik kerawanan ada di Cimanggis, Pasar Rebo menuju Tol JORR-Pondok Indah dan pintu Tol Cililitan. Untuk tiga lokasi tersebut, pihaknya sudah bekoordinasi dengan Jasa Marga. (ilham/win)