Wednesday, 21 November 2018

Mobil ‘kalong’ Bantu Warga

Sabtu, 2 Januari 2016 — 7:07 WIB
Salah satu mobil 'kalong' yang sedang beroperasi.

Salah satu mobil 'kalong' yang sedang beroperasi.

JAKARTA (Pos Kota)- Mobil “kalong” adalah sebutan untuk mobil angkutan umum yang beroprasi dini hari sampai subuh, biasanya sering ditemui di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan, sabtu (2/01/16).

Mobil “kalong” adalah sebuah mobil jenis pick-up yang sudah dimodifikasi, mobil ini bukan hanya mengangkut penumpang, sering juga digunakan untuk keperluan pedagang sayur membawa dagangannya.

Mobil “kalong” beroperasi mulai dari pukul 23.00 WIB sampai sekitar pukul 05.00 WIB, hanya 6 jam mereka mengangkut dan menurun kan penumpang, rute mobil ini dari Pasar Minggu sampai terminal Depok.

“Ini mah biasanya keluar pas angkutan umum yang biasa Udah pada pulang, ngebantu juga si, seperti saya yang pulang malem terus, ga bingung mau naik apa karena adanya mobil ini,” ujar yono,47,  satu penumpang.

Sementara menurut Jupri, 43, sopir mobil kalong, mengaku dirinya terpaksa menjadi sopir lantaran sulitnya mencari pekerjaan.

” Saya cuma lulusan SD, susah nyari kerja. Memang sih ini bukan angkutan resmi tapi kan banyak warga terbantu,” ujarnya.  Ditambahkan Jupri, kendaraan yang dibawanya jika siang hari disewakan untuk mengangkut barang.

Tarif jasa angkutan mobil “kalong” ini seperti mobil angkutan umum biasanya, tergantung jauh dekatnya jarak. Untuk jarak dekat dipatok tarif sebesar Rp3.000 dan untuk jarak jauh sebesar Rp7.000. (PNJ-43/PNJ-44/yh)