Saturday, 22 September 2018

Arus Balik Dari Puncak Masih Lancar, Jalanan Ibukota Sepi

Minggu, 3 Januari 2016 — 9:37 WIB
Foto- Suasana di kawasan Harmoni, Jakarta Pusat, pada  Minggu (3/1/2015) pagi. (sir)

Foto- Suasana di kawasan Harmoni, Jakarta Pusat, pada Minggu (3/1/2015) pagi. (sir)

JAKARTA (Pos Kota) – Arus balik usai libur panjang Natal dan Tahun Baru dari sejumlah tempat wisata, seperti Bandung, Bogor dan lainnya, Minggu (3/1/2015) terlihat lancar tanpa hambatan berarti.

Arus dari Puncak menuju  Jagorawi arah Jakarta, sekitar pukul 06:00 wib melaju dengan kecepatan terukur,  Pengaturan lalulintas di jalur Puncak  tadi pagi diberlakukan seperti hari biasa, yakni dua arah dalam kondisi normal.

Disebutkan, jika terjadi kepadatan maka petugas memberlakukan sistem buka tutup di jalur wisata ini. Namun sifatnya kondisional dan waktunya pun harus berimbang, pinta satu pengendara.

Arus  di tol Jagorawi, termasuk jelang gerbang tol juga lancar. Banyak GTO (Gerbang Tol Otomatis) juga membantu kelancaran lalulintas, meski pun kendaraan yang melintas arah Jakarta tidak begitu padat pada pukul 07:00 wib. Diperkirakan warga yang tengah liburan di kawasan Puncak masih menghabiskan sisa waktu sehari lagi hingga sore hari.

Lalulintas di kawasan Serpong. Dari Cikunir hingga Kampung Rambutan juga masih lengang. “Tol Jagorawi, Cawang – TMII – Cibubur – Bogor – Ciawi lancar. Ciawi – Bogor – Cimanggis – TMII – Cawang lancar,” ucap petugas.

Sementara di tol Cipularang, juga dikabarkan lancar dan terkendali, termasuk  dari Bandung, Jawa Barat menuju Jakarta yang lengang pagi ini.

“Pukul 06.30 WIB Tol Purbaleunyi Dawuan – Padalarang – Pasteur – Cileunyi lancar. Cileunyi – Pasteur – Padalarang – Dawuan lancar,” tulis Twitter @PTJASAMARGA.

 

Diprediksi, volume kendaraan memaasuki kawasan Jakarta dan sekitarnya akan meningkat malam hari, karena esok hari sebagian besar warga akan memulai aktifitasnya pada awal Tahun Baru, termasuk anak sekolah juga memulai kegiatan belajar-mengajar di sekolah.

Beberapa jalan di ibukota pada Minggu pagi juga lengang, seperti di Jalan Letjen Sutoyo, Jalan Salemba Raya, Jalan Matraman Raya, kawasan Harmoni, Jakarta Pusat, Jalan Gajahmada dan Jalan Hayam Wuruk.
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian memprediksi arus balik libur panjang terjadi hari ini hingga malam. Guna mengantisipasi penumpukan kendaraan, Kapolda memberikan arahan kepada personel pengamanan untuk melakukan langkah-langkah mengurai kemacetan khususnya di tiga lokasi jalan tol utama yaitu Tol Jakarta – Cikampek, Tol Jagorawi dan Tol Tangerang – Merak.
Kapolda menjelaskan, jika terjadi kemacetan panjang di Kebon Jeruk, maka akan dilakukan pengalihan kendaraan mulai pintu Tol Karang Tengah atau pintu lain di Tol JORR, sehingga tidak semua kendaraan masuk melalui pintu Kebon Jeruk atau Tomang.

Kemudian di Cikampek. Jika arus kendaraan di area tersebut terlalu besar maka petugas akan memberlakukan/membuka contra flow seperti pekan lalu. Jadi, kendaraan dari arah Cikampek menuju Jakarta bisa menggunakan sebagian jalur kendaraan dari Jakarta menuju Cikampek.

Sedangkan untuk Tol Jagorawi, Kapolda memperkirakan titik kerawanan ada di Cimanggis, Pasar Rebo menuju Tol JORR-Pondok Indah dan pintu Tol Cililitan. Untuk tiga lokasi tersebut, pihaknya sudah bekoordinasi dengan Jasa Marga.

“Itu teknisnya nanti di pintu tol itu untuk mempermudah pembayaran Jasamarga akan memberikan tambahan personel untuk jemput bola, jadi langsung bayar ke petugas,” kata Tito.
(sir)