Saturday, 25 November 2017

Hilangnya Dokter Cantik Polisi Temukan Titik Terang

Rabu, 6 Januari 2016 — 23:18 WIB
Dokter Rica dan keluarga (instagram)

Dokter Rica dan keluarga (instagram)

YOGYAKARTA (Pos Kota) – Dokter cantik Rica Tri Handayani yang dilaporkan hilang bersama anak balitanya, diperkirakan sudah berada di luar Yogyakarta.

Polda DIY masih terus melakukan penyelidikan dan penelusuran. Setelah membentuk dua tim khusus, saat ini ada sedikit kemajuan dan titik terang tentang keberadaan dokter alumni Fakultas Kedokteran UII itu yang menghilang sejak 30 Desember 2015 itu.

“Sudah dapat kita deteksi pemilik mobil dan posisi terakhir yang bersangkutan. Yang jelas sudah di luar Yogyakarta, tapi masih di Indonesia,” ujar Direskrimum Polda DIY Kombes Hudit Wahyudi di Sleman, Rabu (6/1).
Dia berharap dengan koordinasi petugas kepolisian, maka akan segera menemukan keberadaan perempuan asal Lampung itu.

Dr. Aditya Akbar, suami Rica Handayani berharap, masyarakat atau kerabat yang mengetahui keberadaan istri dan anaknya segera menginformasikan.

Dijelaskan, pada 29 Desember 2015, dia, istri, dan anaknya, menginap di rumah kakak iparnya di Maguwoharjo, Sleman. Mereka menginap di tempat itu, sebab ayah mertuanya juga sedang berada di tempat tersebut.
“Istri tinggal di Lampung, sudah dua minggu di Yogyakarta,” ujarnya.

Dijelaskan, pada 30 Desember pagi, dia berangkat ke RS Sarjito, sekitar pukul setengah enam pagi. Pada hari itu juga, ayah mertuanya kemudian kembali ke Lampung.

“Jam 08:00 masih kontak. Dia masih foto selfie dan membalas WA (whatsapp) saya. Setelah pukul 15:00 sudah tidak bisa dihubungi lagi. Lalu saya menjemput, tapi sampai sana tidak ada barang-barang istri saya lagi,” tambahnya.

Setelah bertanya ke keluarga, dia mendapat informasi bahwa istri dan anaknya dijemput sepupunya pakai mobil Toyota Avanza sekitar pukul 10:00. “Katanya yang jemput Mas Eko sama Mbak Feni. Masih sepupu saya,” ungkapnya.

Saat dihubungi Eko dan Feni, nomer keduanya sudah tidak aktif. Dia justru mendapat pesan dari nomor tidak dikenal jika ada surat yang dititipkan untuknya di lemari.

Adit lalu mencari istri dan anaknya ke rumah Eko dan Feni. Sayangnya, saat itu rumah tinggal mereka juga kosong. Barang-barangnya sudah tidak ada, tetangganya pun tak tahu ke mana perginya.
“Dua hari sebelumnya sudah beres-beres menurut keterangan tetangganya,” tandasnya.

MUNGKIN KEMBALI

Dokter Rica Tri Handayani hilang bersama anaknya saat menjenguk suami yang sedang menyelesaikan kuliah di Yogyakarta.

Sebelum menghilang, Rica sempat mengatakan kepada orangtuanya ingin pergi berjuang di jalan Allah.
Menurut Kombes Hudit Wahyudi, sebelum pergi Rica sempat meninggalkan sepucuk surat yang terdiri dari beberapa lembar.

“Dalam surat itu Rica mengatakan saat ini telah banyak bencana karena umat Islam sifatnya tidak lagi sesuai akidah. Dia berpamitan dan merasa bertanggung jawab untuk memperbaiki itu dan ingin mengabdi di jalan Allah,” katanya.

Hudit mengatakan sampai saat ini belum dapat menyimpulkan apakah ada hubungannya kepergian Rica dengan organisasi tertentu. Pihaknya juga masih menyelidiki siapa orang yang menjemput Rica.

“Kita belum tahu keyakinan dalam hatinya didapat dari buku atau pengaruh orang lain,” tambahnya. (suatmadji)