Sunday, 18 November 2018

ISI Yogya Siap Kembangkan Wisata

Rabu, 6 Januari 2016 — 11:07 WIB
Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta

JAKARTA (Pos Kota) — Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Agus Burhan, mengisyaratkan kesiapannya bekerjasama dengan pemerintah untuk mengembangkan pariwisata Indonesia khususnya daerah wisata Yogyakarta.

“ISI merupakan perguruan tinggi seni yang memiliki potensi langsung pada pengembangan-pengembangan kebijakan pemerintah termasuk industri kreatif,” ujarnya menanggapi permintaan anggota DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari, kepada wartawan.

Alasannya, ISI Yogyakarta telah melakukan penelitian-penelitian yang menjadi unggulan. Seperti mengembangkan penelitian-penelitian terapan pada bidang seni untuk bisa memperkuat industri kecil yang terkait dengan kerajinan. Disamping juga mengembangkan program-program pengembangan wilayah seni, yang mana semua itu bisa dilihat dalam program yang didanai subsidi atau rupiah murni maupun dari PNBP yang ada pada ISI.

“Dalam hal inilah industri-industri kecil seperti misalnya pengembangan kerajinan, pemberdayaan masyarakat lewat industri rumah tangga atau pengembangan industri-industri batik yang berkembang dari setiap Kabupaten di Yogyakarta ataupun juga pengembangan-pengembangan seni pertunjukkan yang diarahkan pada industri kreatif sebagai satu potensi wilayah-wilayah di kabupaten bisa menjadi unggulan atau program kerja yang difokuskan. Dan diharapkan bisa berkelanjutan nantinya,” paparnya.

(rinaldi/sir)