Tuesday, 23 October 2018

Arab Saudi Dituduh Serang Kedutaan Besar Iran di Yaman

Kamis, 7 Januari 2016 — 19:33 WIB
Warga Iran menyerang dan membakar kantor kedubes Arab Saudi di ibu kota Teheran.

Warga Iran menyerang dan membakar kantor kedubes Arab Saudi di ibu kota Teheran.

IRAN – Pemerintah Teheran menuduh Arab Saudi melancarkan serangan udara ke Kedutaan Besar Iran di Sana’a, ibukota Yaman.

Menurut kanal televisi milik negara Iran, terdapat sejumlah penjaga kedutaan terluka akibat serangan misil tersebut. Kanal berita IRIB mengutip juru bicara kementerian luar negeri Iran, Hossein Jaber Ansari, yang menuduh pihak Arab Saudi sebagai penanggung jawab atas kerusakan bangunan kedutaan dan terlukanya beberapa orang staf kedutaan.

Sementara itu, juru bicara koalisi pimpinan Arab Saudi di Yaman mengatakan kepada Reuters bahwa mereka tengah menyelidiki tuduhan Iran tersebut. Juru bicara koalisi mengakui serangan udara besar-besaran dilakukan di luar kota Sana’a pada Rabu malam (6/1) tapi target serangan tersebut adalah peluncur misil milik pemberontak Houthi.

Brigadir Jenderal Ahmed Asseri mengatakan koalisi telah meminta semua koordinat lokasi misi diplomatik di Yaman. Menurut Asseri, tuduhan Iran bersumber dari kelompok Houthi yang menurutnya kurang bisa dipercaya.
Iran juga menuduh Arab Saudi menggunakan bom klaster atau bom tandan yang menewaskan satu orang warga sipil dan melukai sejumlah orang lainnya. Menurut klaim Iran, beberapa bom tidak meledak.

Tuduhan Iran memperuncing ketegangan antara dua negara Timur Tengah yang terlibat dalam konflik di Yaman. Saudi Arabia secara militer mendukung pemerintah Sunni di Yemen sementara Iran mendukung pemberontak Houthi Syiah.(daus)