Monday, 19 November 2018

Pasca Tahun Baru Pasar Mobil Seken Didominasi Usia Muda

Kamis, 7 Januari 2016 — 8:17 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

PENJUALAN mobil seken di awal tahun baru masih didominasi mobil berusia muda. Kendaraan yang baru berusia di bawah satu tahun tersebut banyak dipajang di mal WTC Mangga Dua, Jalan Raya Gunung Sahari, Jakarta, yang merupakan pasar mobil bekas terbesar di Indonesia.

Pasar yang terdiri dari ratusan show room tersebut memajang ribuan unit mobil, sebagian di antaranya masih berusia beberapa bulan dan kondisinya masih seperti baru keluar dari dealer. Berbagai jenis mobil muda dibanderol dengan harga jauh di bawah mobil baru, benar-benar membuat konsumen pada ngiler.

“Mobil baru dipakai enam bulan, KM-nya masih sangat rendah, tapi harga beda jauh dari mobil baru,” ujar Santosa, konsumen WTC Mangga Dua, kemarin.

Mobil Fortuner warna hitam tersebut dibanderol sekitar Rp350 juta. “Bedanya hampir Rp100 juta dibandingkan mobil baru. Tapi mobil ini kondisinya juga masih 99 persen,” ujar Alex, salah satu pedagang.

Di shoow room miliknya terdapat sejumlah mobil muda jenis MPV, sedan, maupun jip. “Biasanya tiap awal tahun baru, banyak konsumen mencari mobil yang kondisinya nyaris baru. Kami sediakan beberapa stok pilihan,” jelasnya.

PROSES MUDAH

Senior Marketing Manager WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih, menyatakan banyak konsumen membeli mobil seken muda karena proses lebih mudah.

“Setelah transaksi selesai, maka pada saat itu mobil bisa dibawa pulang dan dipakai buat aktivitas. Lain halnya beli mobil baru yang melewati proses inden yang memakan waktu, ditambah lagi menunggu keluarnya pelat nomor. Lama, deh,” ujar Herjanto.

Mobil muda yang dipajang di WTC Mangga Dua, banyak yang merupakan barang simpanan alias jarang pakai. Baru digunakan beberapa ratus kilometer sudah dijual. Beruntung konsumen yang dapat mobil seken namun serasa baru. (joko)