Friday, 20 October 2017

Mantan Wartawan Jadi Lurah Pondok Kopi

Jumat, 8 Januari 2016 — 19:06 WIB
Mantan wartawan, Erwin Lobo, kini jadi Lurah Pondok Kopi. (Joko)

Mantan wartawan, Erwin Lobo, kini jadi Lurah Pondok Kopi. (Joko)

GAMBIR (Pos Kota) – Baru lima tahun menjadi PNS DKI Jakarta, mantan wartawan Suara Pembaruan kini sudah menjadi Lurah Pondok Kopi, Jakarta Timur. Erwin Lobo baru saja dilantik oleh Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berbarengan dengan pelantikan pejabat lainnya  di halaman Balaikota, Gambir, Jumat (8/1).

“Saya siap jadi apa saja menjalankan perintah pimpinan. Saya juga bersyukur dipercaya oleh Bapak Gubernur menjadi lurah. Semoga saya bisa menjalankan tugas sebaik-baiknya,” ujar Erwin yang baru pertama kali mengenakan seragam Pakaian Dinas Upacara Besar (PDUB) berwarna putih-putih. “Mohon dukungan semua pihak, baik keluarga, perangkat wilayah maupun warga Kelurahan Pondok Kopi,” harapnya.

Erwin, ayah dua anak yang juga sering dipanggil Lobo, mengawali karir di Jakarta sebagai wartawan Suara Pembaruan. “Saya menjadi wartawan di harian sore tersebut selama sembilan tahun. Tugas peliputan terakhir adalah di lingkungan Balaikota DKI Jakarta,” kenang Lobo.

Pada tahun 2009 diaa melihat ada lowongan PNS DKI dan buru-buru melamarnya. Setelah mengikuti serangkaian tes, sarjana teknik sipil Universitas Mataram ini lolos seleksi dan langsung menjadi CPNS sejak 2010.

Awalnya Lobo ditugaskan di Dinas Kominfomas DKI Jakarta dan dua tahun lalu dipindahkan di BPKD. Pada November lalu, sarjana utama (S-2) dari Universitas Indonedia (UI) mengikuti tes seleksi lurah dan  lolos lagi sehingga akhirnya dia terpilih untuk memimpin Kelurahan Pondok Kopi. Meski lokasi kerja berjauhan dari tempat tinggal, namun Lobo yang sehari-hari tinggal di kawasan Ciputat tetap bersemangat melayani masyarakat.

Dia bersyukur di era pemerintahan Gubernur Ahok, bahwa pelantikan jabatan tidak selalu berdasarkan urut kacang. “Selama memenuhi syarat dan lolos seleksi, maka semua PNS memiliki kesempatan yang sama untuk meniti karir,” tambahnya. (Joko)