Monday, 27 May 2019

Bandar Sabu Internasional Dibekuk Polisi Medan

Sabtu, 9 Januari 2016 — 16:07 WIB

MEDAN (Pos Kota) – Provinsi Sumatera Utara merupakan salah satu daerah yang rawan narkoba. Belum lama BNN menggagalkan peredaran sabu seberat 17,4 kg jaringan Medan, kini jaringan internasional beraksi dan berhasil dibekuk dengan barang bukti sabu 1 kg.

Kali ini dalam kasus sama, seorang bandar sabu jaringan internasional dibekuk personil Direktorat Narkoba Polda Sumut, kemarin malam. Selain meringkus tersangka berinisial M,46, warga asal Aceh, polisi menyita barang bukti 1 kg sabu-sabu.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Helfi Assegaf, kepada wartawan Sabtu (9/1) mengatakan tersangka merupakan anggota sindikat jaringan narkoba Malaysia-Indonesia. “Tersangka sehari-harinya bekerja sebagai penjual tahu,” katanya.

Tersangka M ditangkap petugas di Jalan Binjai Kilometer 12,2, Kecamatan Medan Sunggal, Deliserdang, Sumut. Selain sabu, polisi menyita satu buah telepon genggam dan satu unit mobil.

Sebagian Besaar Terjual

Penangkapan M bermula, ketika anggota Direktorat Narkoba Polda Sumut mendapatkan informasi dari masyarakat di Malaysia yang menyebutkan akan dikirim sabu-sabu dalam jumlah besar.

Kemudian, petugas melakukan penyelidikan dan menggrebek lokasi. Pengakuan tersangka, bahwa sabu tersebut diperoleh dari seorang yang berinisial I (buron).

“Sebagian besar sabu yang diterima pelaku telah terjual di Medan, Aceh dan Riau. Sedangkan sabu 1 kg ini adalah sisanya,”jelasnya.

Untuk diketahui, beberapa waktu lalu ebelumnya, pihak BNN berhasil menggagalkan peredaran sabu seberat 17,4 kg dari jaringan Medan. Ironisnya, barang haram ini dikendalikan oleh napi Lapas Tanjunggusta Medan. (samosir/win)