Wednesday, 19 September 2018

Pembuatnya Juga Dibekuk

Gunakan Ijazah Palsu, Tiga Sekeruti Ditangkap Polda Metro

Sabtu, 9 Januari 2016 — 19:41 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA (Pos Kota) – Gunakan ijazah palsu, tiga sekuriti diamankan anggota Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Selain Jefry Andre (22), Wajar Erliana (25) dan Teguh Raharjo (26), petugas juga meringkus, Windi Hapsono (25) tersangka pembuat ijazah palsu di Jatayu Raya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Polisi masih memburu tiga pelaku lainnya yang menggunakan ijazah palsu buatan Windi. Sementara dari tersangka Windi, polisi menyita laptop, printer dan 3 buah ijazah diduga palsu.

Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Eko Hadi Santoso menyebutkan, tiga sekuriti ditangkap setelah seminggu bekerja di salah satu outsorcing perusahaan jasa sekuriti. “Mereka diamankan saat bertugas di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat karena ketahuan menggunakan ijazah palsu,” kata Eko, Sabtu (9/1).

Dikatakan, tersangka Windi menawarkan jasanya lewat jejaring sosial Facebook sejak tahun 2013. Setiap bertransaksi, Windi selalu mengajak bertemu di kawasan ruko depan Pasar Mayestik, Jakarta Selatan. “Windi ini ternyata sudah banyak memiliki konsumen. Tarif untuk membuat ijazah berpariasi tergantung tingkat pendidikannya,” ujanya.

Dari pemeriksaan, kata Eko, para tersangka menggunakan Ijazah palsu melamar kerja dan telah diterima bekerja sebagai security di PT SPD di Cilandak, Jakarta Selatan. “Tiga tersangka securiti di PT SPD dan bertugas sejak 1 Januari 2016 lalu di di pos 5, JCC dan didalam Stadion Gelora Bung Karno, Senayan,” pungkasnya.

Atas perbuatannya para tersangka dijerat pasal 263 ayat (1) dan ayat (2) KUHP tentang pemalsuan dokumen dengan hukuman diatas 5 tahun penjara. (ilham).