Tuesday, 17 September 2019

Jokowi Ingatkan Dana Desa Jangan Kembali ke Jakarta

Minggu, 10 Januari 2016 — 14:11 WIB
Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi.

JAKARTA (Pos Kota) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan bahwa dana desa jangan sampai kembali ke Jakarta. Karena itu dana tersebut harus dipergunakan semaksimal mungkin untuk pembangunan  desa.

Hal tersbeut dikemukakan Jokowi dalam sambutannya pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I PDIP, di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (10/1/2016).

Jokowi mengemukakan betapa pentingnya penggunaaan dana desa ini untuk memperkuat kebutuhan rakyat, salah satunya kebutuhan lapangan kerja di daerah.

“Dana desa ini untuk memperkuat rakyat. Saya sampaikan, dana desa ini harus dipakai untuk padat karya. Dipakai untuk kebutuhan lapangan kerja bagi rakyat,” jelas Jokowi.
Di hadapan peserta rakernas PDI Perjuangan dan sejumlah menteri serta pimpinan partai pendukung Jokowi-JK, Kepala Negara mengingatkan penyaluran dana desa ini juga harus berputar di desa dan jangan sampai kembali lagi ke kota.

Dana desa sebesar Rp43 triliun itu harus digunakan dengan maksimal untuk pembangunan desa-desa di daerah.

“Dana itu harus berputar di desa, jangan dikerjakan kontraktor, rakyat harus diikutkan dengan partisipasi pembangunan desa. Uang Rp43 triliun jangan sampai dikembalikan ke Jakarta. Putarkan uang itu di desa. ‎Boleh beli semen tapi di desa. Jangan sampai uang itu kembali ke kota,” ucap Jokowi.
(*/sir)