Thursday, 16 August 2018

Anjas Asmara: Sepakbola Indonesia Harus Mengacu Pada Taktik Barca

Selasa, 12 Januari 2016 — 9:53 WIB
dokumentasi

dokumentasi

JAKARTA (Pos Kota) – Bintang sepakbola Indonesia era 1970-an, Anjas Asmara berharap Indonesia mendatangkan pelatih lulusan Akademi La Masia Barcelona, untuk menurunkan ilmunya kepada para pelatih sepakbola Indonesia. “Permainan sepakbola Indonesia harus mengacu pada taktik dan strategi ala Barcelona,” cetus Anjas di Senayan, Jakarta, Senin (11/1).

Menurut pemain seangkatan almarhum Iswadi Idris, Andi Lala, Abdul Kadir ini berpendapat, postur pemain Barca tak banyak berbeda dengan postur orang Indonesia. “Messi, Neymar, Suarez posturnya tak jauh dengan pemain Indonesia, tapi mereka menjadi bintang kelas dunia,” katanya.

Pola yang dikembangkan Barca dengan permainan pendek, dan cepat serta mengutamakan skill lanjutnya, bisa diaplikasikan di sini. Hanya saja diakui, tingkat gizi kebanyakan orang Indonesia masih tertinggal dari kebanyakan pemain sepakbola dunia.

“Pemain bola harus banyak makan daging dan minum susu. Tradisi makan penuh gizi ini yang masih sulit dijalankan di sini,” katanya lagi.

TAHAN BENTURAN
Pesepakbola Indonesia jarang yang kokoh. “Tahan benturan itu penting. Tapi, pemain kita kebanyakan sekali benturan sudah mental jauh. Padahal secara kelenturan dan kecepatan pemain kita punya potensi,” ujarnya.

Sayangnya, kata Anjas, teknik pelatihan sejak usia dini sudah jauh dari cara yang benar. “Sepakbola itu bukan cuma passing dan berlari, tapi harus ada teknik melewati lawan. Ini yang jarang saya lihat di pembinaan,” katanya lagi.

Anjas mengaku prihatin dengan prestasi Indonesia yang terus terpuruk. “Saya sedih karena sepakbola kita sekarang selevel Timor Leste,” katanya.

Dia merindukan kehadiran pelatih sepakbola Indonesia yang sekualitas mantan pelatih Timnas Indonesia era 1960-70-an, Tony Poganic dan Will Coerver. (awang)

  • imam narkoba

    ngomong ndakik-ndakik, pssi saja ndak jelas nasibnya, rejim ini memang rejim pembunuh sepok bola indonesia