Thursday, 23 May 2019

DKI Akan Vaksinasi Hewan Pembawa Rabies

Selasa, 12 Januari 2016 — 14:24 WIB
rabies

JAKARTA (Pos Kota) – Dinas Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) DKI Jakarta menargetkan akan melakukan vaksinasi terhadap puluhan ribu hewan pembawa rabies (HPR).

Pihaknya saat ini sedang mendata dan mempersiapkan lokasi untuk vaksin massal.

“Kami akan melakukan vaksinasi HPR di Jakarta, terutama pada hewan peliharaan seperti anjing, kucing, dan kera,” ujar Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Darjamuni, Selasa (12/1). “Kegiatan ini sebagai upaya merealisasi program Jakarta Bebas Rabies 2016,” tambahnya.

Penanganan rabies kita akan fokuskan pada vaksinasi. Tentunya, pengasawan dan penjangkauan HPR liar juga akan kita tingkatkan,” ujar Darjamuni.

Pada pelaksanaannya nanti, kegiatan vaksinasi massal akan dilakukan di lingkungan RW. Masyarakat yang memiliki piaraan HPR diwajibkan untuk membawa binatang peliharaannya untuk divaksin. Berdasarkan data di lapangan, target yang akan divaksin tercatat sebanyak 20.167 ekor.

Menurut Darjamuni, target pelaksanaan vaksinasi pada 2016 meningkat sekitar 21,32 persen dari tahun sebelumnya. Bila pada tahun 2015 sebanyak 16.622 HPR seperti anjing, kucing dan kera di vaksinasi, maka pada 2016 ini 20.167 ekor. Selain itu, pihaknya juga akan menangkapi HPR yang berkeliaran di kawasan permukiman.

“Ke depan, kami akan memberlakukan anjing peliharaan wajib dipasang chip,” tandasnya.

(joko/sir)