Saturday, 22 September 2018

Liburan Imlek, 23 Ribu Wisatawan Tiongkok akan Serbu Bali

Selasa, 12 Januari 2016 — 6:42 WIB

JAKARTA (Pos Kta)  – Sedikitnya  23.000 wisatawan Tiongkok pada musim libur Tahun Baru Imlek bulan depan akan menyerbu  Bali, pulau yang dinobatkan terindah kedua di dunia dan nomor satu di Asia oleh Travel and Leisure 2015 itu.

“Mereka berasal dari 11 kota besar di Tiongkok, dan di luar penerbangan reguler yang terus meningkat, ” jelas Menpar Arief Yahya, di Jakarta, kemarin.

Ke-11 kota itu, antara lain Shenyang (SHE), Xi An (XIY), Tianjin (TSN), Ji Nan (TNA), Tai Yuan. (TYN), Zhengzhou (CGO), Kunming (KMG), ChongQing (CKG), Hefei (HFE), Ningbo (NGB), Chengdu (CTU). Total wisman dari Negeri Tirai Bambu itu lebih dari 23 ribu khusus selama liburan Imlek yang akan jatuh pada 8 Februari 2016. Pesawat charter yang digunakan itu tipe Aircraft AB330 dengan setting semua kelas ekonomi, sehingga muatannya banyak.

Kemenpar bekerjasama dengan Konjen China di Bali, membuat acara di Pulau Dewata itu. Tetapi hanya 6.000 seats yang disediakan untuk perayaan tersebut.

Menpar Arief Yahya memang sejak 2015 sudah memetakan pasar Tiongkok berdasarkan time line. Kapan saja waktu liburan di China? Berapa lama masing-masing? “Dari data liburan mereka itulah Kemenpar merancang kapan berpromosi dan disentuh dengan tema apa? Matching dengan kapan kebiasaan orang Tiongkok menentukan skedul liburan dan memutuskan destinasi ke mana?” ungkap Arief Yahya.

Panen wisman Tiongkok di musim Imlek 2016 ini, kata Arief, adalah ketepatan dalam matching strategi pemasaran dan promosi itu. Menpar memang sudah keliling ke Beijing, Kunming, Shanghai, Xian, sampai ke Hongkong untuk mempromosikan Wonderful Indonesia. “Bahkan saya sudah 3 kali bertemu dengan Menteri Pariwisatanya China, salah satunya kami minta disupport guru-guru bahasa Mandarin untuk mengajar pramuwisata di Indonesia,” akunya.. (prihandoko)